Tim Provinsi Kalbar Nilai PKK – KKBPK Kesehatan Belitang Hilir

148
Foto bersama PKK Kabupaten Sekadau dan Tim Penilaian Provinsi serta pihak terkait dalam kegiatan penilaian PPK - KKBPK. (Arni/Tim)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggelar penilaian kesatuan gerak PKK – Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembagunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) tahun 2019, dilaksanakan di aula kantor Camat Belitang Hilir, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan ini dihadiri tim penilai dari Provinsi Kalbar, sejumlah unsur terkait dan pemerintah kecamatan setempat, serta dibuka oleh bupati diwakili Drs. Agustinus Agus MM selaku Staf Ahli Bupati Sekadau.

Ketua panitia kegiatan Wihelmus Pranseda S.Km dalam laporannya menjelaskan, bahwa masksud dan tujuan kegiatan ini untuk pelaksanaan kesehatan, dalam rangka berbagai langkah inovasi maupun implementasi pada kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh desa.

“Dalam rangka meningkatkan capaian pembangunan bidang kesehatan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta membiasakan masyarakat untuk berperilaku yang apabila perilaku masyarakat memberdayakan perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan masyarakat akan sangat meningkat,” papar Pranseda.

Sementara Ketua PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus S.Pd, M.Si juga memaparkan, sebelum  pelaksanaan penilaian, PKK telah melaksanakan berbagai kegiatan kesatuan gerak PKK Kabupaten Sekadau bersama PKK Kecamatan Belitang Hilir. “Berupa kegiatan Bhayangkara KB Kesehatan dan TNI KB Kesehatan pada bulan September 2019 yang dirangkai dengan kegiatan pelayanan e-KTP, pengobatan gratis, sunatan massal, serta pemeriksaan penyakit tidak menular,” beber Kristina.

Menurut dia, kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut sebagai wujud gerak nyata dan bermanfaat bagi masyarakat. Dan itu adalah salah satu upaya untuk membuktikan bahwa PKK benar-benar merupakan pemberdayaan masyarakat.

“Kami menyadari sebagai kabupaten yang baru menginjak dewasa, masih banyak hal yang jauh dari sempurna. Untuk itu kita meminta kepada tim penilai dari Provinsi Kalbar untuk melakukan pembinaan di wilayah, supaya ke depan lebih baik lagi,” tukas Kristina.

Bupati Sekadau diwakili Drs. Agustinus Agus MM menyatakan bahwa dengan diadakannya penilaian lomba kesatuan gerak PKK- KB Kesehatan ini dapat menjadi motivasi pemerintah dan masyarakat untuk lebih giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran serta kegiatan pada program PKK – KKBPK yang ada di Kabupaten Sekadau. Sehingga tujuan dari lomba ini dapat tercapai secara optimal.

“Pemberdayaan keluarga menjadi amat penting, mengingat saat ini makin maraknya penyalahgunaan narkoba dan perilaku yang menyimpang oleh generasi muda. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mengatasi hal tersebut, yang tentunya harus kita mulai dari keluarga kita masing-masing. Disini peran orang tua menjadi sangat penting, yaitu sebagai guru sekaligus sebagai teman baik anak-anak, dimana orang tua dapat mengarahkan pemberdayaan anggota keluarga untuk menanamkan norma agama dan sosial,” papar Agus.

Diungkapkan Agus lagi, keberhasilan Kecamatan Belitang Hilir ini menjadi wakil Sekadau dalam lomba kesatuan gerak PKK – KKBPK Kesehatan tentunya bekerja keras dan kerjasama antar sektor terkait, khususnya TPP Kabupaten serta TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa.

“Kepada seluruh dinas dan instansi terkait, saya sangat mengharapkan perhatian yang sungguh-sungguh dari saudara-saudara sekalian, terutama pasca lomba berlangsung. Maka, masyarakat setempat tetap perlu mendapat perhatian,” pesan dia. (Arni/TIM)

Bagaimana Menurut Anda