Terlibat Aksi Pencurian Buah Kelapa Sawit, Dahlan Harus Berurusan dengan Macan Komering

1762

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Lantaran terlibat aksi pencurian buah kelapa sawit di perkebunan kelompok 35 Desa Margo Bakti Kecamatan Mesuji Ogan Komering Ilir (OKI). Dahlan Sulaiman (34) akhirnya diamankan aparat kepolisian, kendati sempat berusaha kabur.

Pria yang tercatat merupakan warga Dusun 1 Desa Tebing Suluh Kecamatan Lempuing OKI ini ditangkap pukul 02.00 Wib dini hari, oleh Tim Macan Komering Polsek Mesuji pimpinan AKP Bustomi didampingi Kanitres IPDA Agus Masyudhi, Sabtu (1/2/2020).

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah saat dikonfirmasi, Sabtu (1/2/2020) sore menjelaskan, pelaku yang ditangkap ini merupakan satu dari 5 orang pelaku yang melakukan pencurian buah kelapa sawit.

“Sekira pukul 16.30 Wib, Jumat (31/1/2020) sore, di perkebunan kelapa sawit kelompok 35 Desa Margo Bakti Mesuji OKI telah terjadi pencurian buah kelapa sawit yang dilakukan oleh pelaku berjumlah 5 orang, diantaranya ialah Dahlan Sulaiman,” ungkap dia.

Di kebun milik H. Solokin, wiraswasta asal Desa Makarti Mulya Mesuji OKI, kata dia lagi, pelaku Dahlan dan 4 orang rekannya melakukan pencurian dengan cara memanen buah kelapa sawit yang masih berada di atas pohon dengan menggunakan eggrek, kemudian hasilnya dinaikkan ke atas mobil pick up.

“Melihat ada orang yang mencuri buah kelapa sawit, korban langsung menelepon anggota polisi yang melakukan pengamanan (PAM), sehingga datang ke TKP. Setiba di lokasi, anggota itu bersama warga desa menegur pelaku, tetapi pelaku tak terima dan mengeluarkan pedang mengancam anggota tersebut,” ujar dia.

Karena mendapat perlawanan, masih kata dia, anggota PAM terpaksa lepaskan tembakan peringatan hingga 5 orang pelaku langsung lari, dan ada yang mengendarai mobil yang dipakai untuk mencuri. Kemudian bersama masyarakat, anggota PAM mengejar mobil hingga akhirnya pelaku meninggalkan mobil yang dibawanya.

“Atas kejadian itu, korban alami kerugian 55 tandan buah kelapa sawit yang diperkirakan seharga Rp3 juta dan menuntut sesuai hukum berlaku. Kebun milik H. Solokin ini sendiri dikelola oleh Koperasi Surya Bakti,” tandas dia.

Pukul 16.45 Wib, lanjut dia, mendapat laporan dari warga bahwa telah terjadi pencurian kelapa sawit, lalu Tim Macan Komering Polsek Mesuji yang dipimpin AKP Bustomi didampingi Kanit Res IPDA Agus Masyudhi menuju TKP.

“Setelah tiba di lokasi, Tim Macan Komering melakukan olah TKP dan menyita barang bukti berupa mobil pick up, eggrek, dan buah kelapa sawit, lalu diamankan ke Mapolsek Mesuji. Kemudian menyelidiki keberadaan para pelaku pencurian tersebut,” tukas dia.

Pada pukul 02.00 Wib, didapati informasi bahwa pelaku masih berada di sekitar Desa Margo Bakti. Sambung dia, kemudian Tim Macan Komering Polsek Mesuji melakukan penyisiran dan menemukan pelaku Dahlan sedang berjalan di kebun dalam kondisi basah kuyup.

“Melihat pelaku tergesa – gesa hendak berupaya kabur, Tim Macan Komering dengan sigap segera menangkap pelaku tersebut. Dan sekarang pelaku beserta barang bukti diamankan di Polsek Mesuji, serta akan dilakukan pengembangan untuk menangkap pelaku lainnya yang melarikan diri,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda