Terkait Postingan Alat Vitalnya di Medsos, Salah Satu Caleg Diduga Buat Laporan Palsu

333
Ilustrasi

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Terkait pemberitaan salah satu media online di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara pada tanggal 28 April 2019 tentang perbuatan salah seorang oknum calon legislatif (caleg) dari salah satu partai berinisial NG yang telah melanggar Pasal 27 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 jo. Pasal-45 ayat-1 UU No.19/2016, dianggap selesai dengan adanya surat kehilangan barang nomor : LKB/330/IV/2019 (29/04) dari Kapolsek Sipispis.

“Dengan pengakuan terduga atas hilangnya android yang dibuktikan dengan laporan kehilangan barang (LKB) apakah persoalan pelanggaran UU No.11/2008 dianggap selesai,” ucap Rony selaku Ketua LSM Swara Semesta Keadilan, Ahad (26/4/2019).

Kata dia, perlu diketahui bahwa setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak-hak membuat informasi elektronik dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Ayat (1), dipidana dengan penjara paling lama 6 (enam) tahun atau denda paling banyak Rp1 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa yang dilakukan terduga adalah tindakan pidana.

“Sementara LKB yang disampaikan terduga pada tanggal 29 April 2019, sehari setelah viralnya pemberitaan tersebut, bukankah hal ini dapat disinyalir adanya rekayasa dalam LKB yang disampaikan ke Polsek Sipispis,” kata Rony.

Menurut Rony, pihaknya akan melakukan konfirmasi ke Polsek Kecamatan Sipispis, agar ini dilakukan penyidikan tindak pidana di bidang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), sebagaimana Bab. X Pasal 42 UU No.11/2008.

“Selanjutnya terduga dapat juga dikenakan Pasal 220 KUHP karena memberi keterangan palsu,” pungkasnya.

Hingga saat ini, NG tak bisa dihubungi, bahkan ketika awak media ingin mengkonfirmasi perihal tersebut, telepon selulernya langsung dimatikan. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda