Terkait Pengelolaan Keuangan dan Jasa Perbankan, Pemkab OKI Jalin Kerjasama dengan BSB Kayuagung

72

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Kayuagung tandatangani MoU tentang pengelolaan keuangan dan jasa perbankan lainnya di Kabupaten OKI, Selasa (2/8) pagi.

Penandatanganan kesepakatan bersama itu dilakukan di ruang rapat Bende Seguguk II Setda OKI. Dilanjutkan dengan giat sosialisasi implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) oleh pihak Bank Sumsel Babel Cabang Kayuagung.

“Hari ini kita melakukan penandatanganan MoU. Sehubungan itu, kami (Manajemen Bank Sumsel Babel) mengucapkan terimakasih kepada Pemkab OKI,” kata Mustakim selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Bank Sumsel Babel.

Lanjut dia, terimakasih atas kepercayaan dan dukungan yang luar biasa dari Pemkab OKI. Untuk itu kami akan berupaya meningkatkan kualitas agar lebih baik lagi. Walaupun kami yakin dari sisi IT dan layanan produk yang tersedia sudah cukup mumpuni.

“Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi Pemkab OKI dalam memberikan kemudahan, kecepatan dan transparansi kepada masyarakat. MoU yang dilakukan ini salah satu implementasi dari Permendagri Nomor 22 Tahun 2020,” kata dia.

Kami berharap MoU ini tidak hanya berupa simbolis saja, artinya harus segera di follow up atau ditindaklanjuti pada tingkat OPD, instansi jajaran Pemkab OKI. Kerjasama seperti ini sudah kita jalin dengan beberapa OPD, diantaranya Dinas Perdagangan terkait retribusi pasar.

“Kemudian BPPD, terkait BPHTB, pajak daerah dan lainnya. Dengan Dishub terkait KIR, serta BPKAD dalam hal pengelolaan kas daerah menggunakan banyak layanan yang kita sediakan, e – billing, Mbanking dan lainnya,” ungkap dia.

Sambungnya, semua itu kita sediakan dalam rangka memberikan kemudahan layanan bagi pemda maupun masyarakat. Mudah-mudahan yang dilakukan hari ini dapat membantu kelancaran, keakurasian termasuk integritas dalam pengelolaan keuangan Pemkab OKI.

Sementara itu, Bupati OKI H. Iskandar SE diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Cholid Hamdan mengatakan, melalui penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Kabupaten OKI dalam menggapai target pembangunan daerah terkait kegiatan peningkatan pengelolaan keuangan.

“Hingga lebih maksimal menggerakkan roda perekonomian daerah, guna meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat. Dan menyediakan pembiayaan-pembiayaan program, menghimpun, menyimpan dana kas daerah bagi pembangunan,” kata dia.

“Dan juga atas adanya kerjasama dengan Bank Sumsel Babel, kedepan akan lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, termasuk ASN, karena pembayaran bisa dilakukan secara digitalisasi,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda