Tarif Murah dan Manis Alami, Es Tebu Pemuda Ini Diburu Warga

163
Hasan Basri saat berjualan tebu di sekitar rumah warga.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Meski masih berusia muda, Hasan Basri (20) yang merupakan pemuda lajang asal Desa Tebedak I Kecamatan Payaraman ini patut diacungi jempol. Pasalnya, pemuda yang pernah menuntut ilmu ke Timur Tengah dan juga mahir membuat ukiran kaligrafi ini, tak segan berjualan es tebu guna menambah pendapatan ekonomi dirinya serta keluarganya.

Berjualan dengan membawa gerobak yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, tiap sore ia kerap dijumpai menjajakan es tebunya itu di pinggir jalan di area sekolah madrasah desa setempat. Adapun untuk batang-batang tebu ia dapatkan dengan membeli dari petani yang ada di Ogan Ilir.

Dengan tarif Rp 3.000 per gelasnya, pemuda berparas rupawan ini mengaku bisa mendapat penghasilan lumayan. Apalagi di tengah cuaca yang saat ini mulai panas, es tebunya juga banyak diburu warga.

“Alhamdulillah kak, es tebu saya lumayan laku keras, banyak peminat khususnya dari warga desa ini datang membeli es tebu yang saya jajakan,” ujar Hasan, Jumat (2/4) sore.

Ditambahkan Hasan, ide berjualan es sebelumnya datang dari orangtuanya yang juga sebagai seorang pedagang. Maka tak heran jika dirinya juga mewarisi jiwa dagang dari orangtuanya tersebut.

“Jualan es tebu baru 1 mingguan ini kak. Rencananya nanti juga persiapan untuk bulan Ramadhan. Saya berharap mudah – mudahan es tebu yang saya jual makin diminati warga sini, dan juga warga luar,” ungkap dia.

Sementara Heri, warga setempat yang kebetulan dibincangi BERITAANDA usai membeli es tebu milik Hasan, mengakui memang suka dengan rasa es tebu tersebut. Tak jarang ia juga membeli dengan jumlah yang cukup banyak, lantaran saudara – saudaranya juga doyan.

“Rasanya manis alami dan segar kak, sekaligus harga yang tergolong murah. Kemudian saya bisa langsung melihat pengolahannya, hanya perasan tebu dan beberapa potong es, jadi amanlah untuk dikonsumsi,” pungkas dia. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda