Tapsel Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

246

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), pada peringatan hari HAM Sedunia ke-71 dari Kemenkumham RI, di gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 tahun 2019 ini mengambil tema ‘Pelayanan Publik yang Berkeadilan’. Pemkab Tapsel dalam hal ini merupakan satu dari 20 kabupaten/kota yang turut meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM di Sumatera Utara.

Wabup Tapsel H. Aswin Efendi Siregar merasa bersyukur atas penghargaan itu. Menurutnya, apresiasi tidak terlepas dari adanya bimbingan dan dorongan Bupati H. Syahrul M. Pasaribu kepada pimpinan OPD dan seluruh ASN. Sehingga upaya pemerintah dalam pemenuhan hak asasi manusia di Tapsel dapat terwujud.

“Penghargaan ini dapat diraih berkat hasil kerja keras antara pemda dan masyarakat. Kendati demikian, jangan lengah OPD dengan capaian ini. Masih ada sektor yang harus dibenahi dan tentunya diminta pula dukungan masyarakat untuk bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar Aswin.

Pemkab Tapsel, kata dia, harus terus berupaya menjunjung tinggi norma-norma hak masyarakat. Baik di bidang pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya hingga kebebasan berpendapat. Karena norma itu adalah prinsip yang dijamin oleh amanat konstitusi yang harus dilaksanakan bersama.

“Momentum peringatan HAM sedunia kiranya jadi pemacu pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama memperkuat penegakan dan perlindungan HAM sekaligus berkomitmen membangun kesadaran atas pentingnya HAM,” harap wabup, yang pada saat menerima penghargaan didamping Kabag Hukum Aswin Rangkuti.

Peringatan ini dihadiri Menkumham Yasonna Laoly, Menko Polhukam Mahfud MD, Dirjen Hak Asasi Manusia pada Kemenkum HAM RI Mualimin Abdi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan seluruh kepala daerah se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda