Satpol PP Sekadau Berikan Pemahaman Peran Satlinmas di Masyarakat Desa

177
Foto bersama usai pembukaan sosialisasi peran serta satlinmas. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Sekadau, Rabu (11/12/2019), menggelar sosialisasi peran serta satlinmas. Berlangsung di Gedung Kateketik dan dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Afronius Akim Sehan.

Ketua panitia kegiatan Yafet Simon menjelaskan masksud dan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut untuk mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang tertib, tentram, nyaman, bersih dan indah. Sehingga diperlukan adanya pengaturan bidang trantibmas yang mampu melindungi masyarakat.

Sedangkan tujuan kegiatan sosialisasi, dikatakan Yafet, untuk meningkatkan pengetahuan tentang satlinmas, dalam rangka pencapaian kondisi yang kondusif bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Di tempat yang sama, Afronius Akim Sehan memaparkan bahwa jika ditinjau dari segi potensi bencana, 2 kecamatan rawan bencana banjir dan longsor ada di Nanga Mahap dan Nanga Taman. Sedangkan Sekadau Hulu berdampak sebagian.

“Satlinmas sebagai ujung tombak di desa diharapkan dapat menjadi petugas awal untuk penanganan bencana di tingkat desa,” terang Afron.

Diterangkan Afron lagi, satlinmas memiliki fungsi yang erat kaitannya dengan masyarakat, dan menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat dalam menciptakan situasi aman dan damao, serta penanggulangan bencana.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat adalah organisasi yang dibentuk dengan beranggotakan masyarakat, dengan tujuan membantu pemerintah dalam membantu masyarakat dalam berbagai hal.

“Untuk memberikan bekal kepada satlinmas perlunya pelatihan, guna mencegah dan menangkal gangguan masyarakat serta penanganan bencana di masyarakat,” tukas mantan Camat Nanga Taman itu.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan unsur pemerintahan kecamatan, desa dan petugas linmas dari Kecamatan Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi yang sama di tiga Kecamatan Belitang. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda