Forum OPD Sidimpuan Upaya Sinkronisasi dan Sinergitas

273

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar menilai, perencanaan pembangunan memiliki peranan penting dalam keseluruhan proses pembangunan.

“Keberhasilan proses pembangunan yang dilaksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya. Ditentukan, dihitung, dan dianalisis dalam proses perencanaan,” ujar Arwin, di acara forum OPD, Rabu (11/3/2020).

Forum organisasi perangkat daerah (OPD) yang digelar di aula Baplitbang itu dihadiri ketua dan anggota DPRD, asisten, dan seluruh pimpinan OPD se-Kota Padangsidimpuan.

Menurut Arwin, forum OPD menjadi strategis dalam upaya sinkronisasi dan mewujudkan sinergitas, antara hasil musrenbang RKPD yang telah dilaksanakan kecamatan dengan program prioritas, kemudian oleh OPD di tingkat kota.

“Arah kebijakan rancangan awal RKPD tahun 2021, adalah pembangunan Kota Padangsidimpuan yang berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian dan berkelanjutan pembangunan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Semua itu, sambung Arwin, dengan menitik beratkan pada pembangunan ekonomi yang lebih luas, perbaikan infrastruktur serta penguatan sumber daya manusia (SDM).

Sekretaris Baplitbang, Monalisa Cahaya menjelaskan, forum OPD ini merupakan tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD.

Dalam forum ini, akan diselaraskan program dan kegiatan OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang. Mempertajam indikator dan target program tiap OPD, sesuai tugas dan fungsinya. Acuannya, target kinerja RPJMD tahun 2019. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda