Sesuai Amanat Undang-undang, Bawaslu OKI Berkewajiban Latih Saksi Parpol

57

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Agar para saksi partai politik (parpol) lebih paham dan mengerti tugasnya, Bawaslu Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar rapat koordinasi fasilitasi pelatihan saksi dalam menghadapi Pemilu 2024, bertempat di aula Hotel Cipta Kayuagung, Rabu (20/12/2023).

“Sesuai amanat undang-undang, Bawaslu itu berkewajiban melatih saksi parpol dalam rangka perkuatan Pemilu berintegritas,” ujar Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona melalui M. Kafrowi selaku Kadiv Hukum Penyelesaian Sengketa.

Peserta yang kita undang, kata dia, 18 parpol di Kabupaten OKI. Dimana masing-masing parpol diminta 3 orang perwakilan dengan materi pelatihan dari dua orang narasumber yakni Dr. Junaidi Ahmad dan Ikhsan Hamidi.

“Seperti tadi, Dr. Junaidi Ahmad sampaikan materi tentang larangan dan apa yang diperbolehkan, juga sah atau tidaknya surat suara, dimana ada banyak hal yang penting dan diketahui oleh para saksi parpol,” ujar dia.

Sedangkan narasumber kedua, Ikhsan Hamidi, menyampaikan materi tentang penguatan saksi parpol.

Kata dia lagi, selanjutnya nanti di setiap kecamatan juga melakukan pelatihan saksi parpol, dimana ini dilakukan sesuai amanat UU.

“Dan pelatihan para saksi parpol ini dilakukan di seluruh Indonesia, dimana untuk setiap kecamatan dilaksanakan di Sekretariat Panwascam masing-masing. Seperti di OKI ada 18 kecamatan, akan dilatih 18 Panwascam,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda