Sesak Nafas Karena Asap, Dinkes Sekadau Buka Posko Pemeriksaan Gratis

283
Bupati dan sejumlah unsur forkompinda mencoba peralatan medis Dinas Kesehatan di posko bencana BPBD Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bencana kabut asap yang semakin pekat di Kabupaten Sekadau mendorong pemerintah daerah setempat mengambil langkah-langkah tanggap darurat. Selain diliburkannya proses belajar mengajar, saat ini juga dibuka pos tanggap darutat kabut asap yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana.

Pembukaan pos tanggap darutat ini dilakukan langsung oleh Bupati Sekadau Rupinus bersama sejumlah forkompinda dan SKPD terkait, Rabu (18/9/2019), di pos tanggap darutat bencana BPBD Sekadau Jl. Merdeka Timur.

Kepala Dinas Kesehatan diwakili sekretarisnya, Hendri Alipius mengatakan, dibukanya pos kesehatan bagi masyarakat umum itu dalam rangka merespon bencana kabut asap saat ini.

“Kami menyediakan petugas dan peralatan untuk penanganan cepat bagi masyarakat yang merasa sesak nafas akibat kabut asap,” ujar Hendri.

Alat yang disiapkan di posko bencana berupa tabung oksigen dan pengukur kadar oksigen dalam tubuh (detak jantung), untuk penanganan pertama kepada masyarakat. Juga satu unit ambulance yang disiagakan.

“Kita sudah membuat surat edaran kepada RSUD, Puskesmas dan Postu Desa untuk menyiagakan peralatan serta petugas dalam rangka menyikapi kondisi darurat asap,” papar Hendri.

Sementara Bupati Sekadau, Rupinus, merespon positif langkah yang diambil Dinas Kesehatan. Ia pun menyarankan agar masyarakat yang merasa mendapatkan gangguan pernafasan akibat kabut asap bisa datang memeriksakan diri.

“Saya menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran, mengingat kondisi asap di Kabupaten Sekadau saat ini dalam kondisi pekat dan dalam kategori udara tidak sehat,” papar bupati.

Selain itu, bupati menyarankan agar masyarakat dan para tokoh agama memanjatkan doa kepada Tuhan untuk meminta hujan, agar kondisi asap segera hilang dan kualitas udara membaik.

Selain melaunching posko, juga dilaksanakan pembagian masker oleh perugas Dinas Kesehatan kepada pengendara kendaraan roda dua dan empat di jalan nasional lintas kabupaten. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda