Serap Aspirasi Warga, Bupati OKI Kembali Melakukan Tandang Desa

455

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Untuk menyerap langsung aspirasi dari masyarakat di desa, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar, SE kembali melakukan tandang desa.

Kegiatan yang mengambil tema ‘pemberdayaan masyarakat dalam rangka kemandirian wawasan sosial masyarakat’ ini berlangsung di Desa Tanjung Laga, Kecamatan Tanjung Lubuk, Jumat (30/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut, terjadi dialog secara langsung antara Bupati OKI H. Iskandar, SE dengan masyarakat.

Berbagai usulan disampaikan oleh sesepuh ataupun tokoh masyarakat disana, seperti halnya yang disampaikan oleh beberapa tokoh masyarakat dari Kecamatan Tanjung Lubuk, Muhammad Akil, Muktar, Ibrahim dan Hata, langsung mendapat jawaban dari Bupati OKI, H. Iskandar, SE.

“Seluruh dinas instansi yang terkait dalam membangun OKI dari desa sengaja saya bawa untuk diperkenalkan langsung kehadapan masyarakat, agar tanya jawab yang kita lakukan dalam kegiatan ini dapat didengar dan menjadi catatan langsung untuk dijadikan program kerja mereka,” ujar Bupati OKI, Iskandar SE mengawali pembicaraan.

Lanjutnya, untuk menggapi beberapa pertanyaan dari masyarakat terkait masalah kerusakan jalan yang disampaikan tadi, Pemerintah Kabupaten OKI di tahun 2019 ini akan melakukan pembangun jalan mulai dari Desa Bumi Agung – Tajung Beringin.

Kemudian di tahun 2020, dilanjutkan ke Desa Tanjung Laga – Jokdadak dan Desa Jambu Ilir. Karena sesuai dengan visi dan misi program membangun OKI dari desa, pembangunan infrastruktur harus selesai.

“Sebabm infrastruktur jalan merupakan urat nadi dari perekonomian masyarakat,” jawab Iskandar, sembari menambahkan untuk jaringan listrik di tahun 2019 ini juga akan kita bangun, untuk aliran listriknya PLN yang akan melakukan.

Masih kata Iskandar, kemudian untuk pembukaan lahan untuk dijadikan sawah baru, jangankan 360 hektare, jika ada lahan tidur yang ingin dijadikan persawahan baru, silahkan laporkan dengan Dinas Pertanian, Tanam Pangan, Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI.

“Kepala dinasnya ada disini, silahkan lakukan koordinasi dengannya, langkah-langkah apa yang akan dilakukan, mulai dari awal pembukaan cetak sawah baru hingga pada proses asuransi terhadap lahan sawah tersebut,” bebernya.

Pada kegiatan tandang desa tersebut, selain berdialog untuk mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung, Bupati OKI juga memberikan bantuan dan taliasih kepada masyarakat di Kecamatan Tanjung Lubuk. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda