Ditanya Warga Terkait P3N, Bupati Iskandar Telepon Gubernur Deru

502

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pada saat melakukan dialog dalam kegiatan tandang desa yang digelar di Desa Tanjung Laga Kecamatan Tanjung Lubuk, Jumat (29/3/2019). Bupati OKI H. Iskandar, SE langsung menelepon Gubernur Sumsel, H. Herman Deru untuk menjawab pertanyaan dari salah satu masyarakat Desa Pulau Gemantung, Ibrahim. Terkait pengaktifan kembali Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N).

Saat itu, Ibrahim mempertanyakan SK P3N di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) atau yang saat ini berganti nama menjadi Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Desa (P2UKD), yang hingga saat ini belum diterima oleh petugasnya di Kecamatan Tanjung Lubuk.

Awalnya bupati memberikan jawaban yang mendasar sesuai dengan fungsinya, karena pengaktifan kembali P3N di Sumsel atau yang saat ini berganti nama menjadi P2UKD, penandatanganan SK tersebut merupakan wewenang Gubernur Sumsel, H. Herman Deru. Akhirnya bupati menelpon Gubernur Sumsel, dan terjadilah percakapan antara H. Iskandar, SE dan H. Herman Deru yang didengar langsung oleh masyarakat.

“Ya tadi ada salah satu tokoh masyarakat mempertanyakan SK P2UKD yang belum mereka terima, kemudian tidak ingin membuat mereka kecewa dengan hal tersebut, akhirnya saya meminta dengan ajudan saya untuk diambilkan handphone, agar disambungkan dengan pak gubernur,” kata dia.

“Setelah tersambung, dihadapan masyarakat saya tanya langsung hal tersebut, dan masyarakat mendengar langsung bahwa pengaktifan kembali P3N atau yang saat ini berganti nama menjadi P2UKD, memang benar ada dan SK-nya sudah ditandatangani pak gubernur,” jelasnya.

“Masyarakat sudah mendengar sendiri ketika saya menelepon pak gubernur pada acara tadi, kata pak gubernur sabar, sudah ditandatangani, tintanya saja belum kering,” ungkap adik kandung eks Menko Perekonomian RI, Hatta Rajasa ini ketika mengakhiri pembicaraan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda