Sektor Kelautan dan Perikanan Pendukung Wujudkan Visi-Misi Pemprov Jambi

338

JAMBI, BERITAANDA – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi menggelar kegiatan rapat koordinasi teknis rencana pembangunan (rakortek renbang). Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DKP Provinsi Jambi Temawisman, Kamis (21/3/2019), di aula gedung kantor Dinas DKP setempat.

Turut mendampingi Zainal Arifin selaku Staf Bappeda sekaligus menjadi narasumber, serta panitia penyelenggara Juli Warni, SP. MM.

Dikatakan oleh Temawisman, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor pendukung untuk mewujudkan visi-misi Pemerintah Provinsi Jambi.

“Hal ini tertuang dalam 4 (empat) program prioritas, yakni pertama, program pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, konservasi dan pengelolaan wilayah pesisir, mencakup diantaranya, pengelolaan ruang laut berupa, penyusunan perda rencana zonasi wilayah pesisir,” jelasnya.

Kemudian pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berupa restocking di perairan umum, dan pengembangan kawasan pesisir berupa hibah barang kepada masyarakat.

Kedua, kata dia, program pengembangan perikanan tangkap, ketiga, program pengembangan perikanan budi daya, keempat, program pengembangan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

“Dari program dan kegiatan yang dilaksanakan terlihat bahwa sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan peranan dan dukungan yang sangat penting,” terangnya.

“Sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang dapat menjadi penggerak ekonomi kerakyatan, selain dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak,” pungkas dia.

Ditambahkan oleh Juli Warni, tujuan dari rakortek renbang ini untuk menseleraskan gerak langkah pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi Jambi.

“Agar pelaksanaan program dan kegiatan terkoordinasi dan sinergi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan serta efektif dan efisien,” imbuhnya. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda