Sekolah di OKI Kenalkan Lingkungan Secara Serentak

763

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Tahun ajaran baru 2024-2025 telah resmi dimulai. Siswa baru dari tingkat PAUD, SD hingga SMP, baik negeri maupun swasta se-Kabupaten OKI yang mengawali hari pertama sekolah akan mengikuti MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah).

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di Kabupaten OKI dan dibuka secara simbolis oleh Bunda PAUD OKI sekaligus Pj. Ketua TP PKK OKI, Ny. Sukmawati Asmar SE, di halaman SMPN 6 Kayuagung, Senin (8/7/2024).

“Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi gerakan serentak masa pengenalan lingkungan sekolah se-Kabupaten OKI yang diikuti oleh siswa-siswi baru dari tingkat PAUD, SD hingga SMP,” ujar Sukmawati.

Gerakan serentak MPLS ini selaras dengan program pemerintah pusat yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, yaitu tentang penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Melalui gerakan serentak MPLS ini juga, kami secara tegas mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, yang merupakan upaya bersama untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini,” sambung dia.

Sukmawati mengharapkan, dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat, terutama bagi siswa-siswi baru agar dapat lebih jauh mengenal dan beradaptasi dengan sekolah barunya.

“Kepada para peserta didik yang akan mengikuti MPLS ini agar dapat mengikuti arahan-arahan dari para guru untuk bisa lebih mengenal lingkungan sekolah barunya. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta didik, orang tua murid serta masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI HM. Lubis S.KM M.Kes dalam laporannya menyebutkan, bahwa gerakan serentak MPLS dimulai hari ini secara serentak.

“Untuk tingkat PAUD dan SD, MPLS dimulai pada hari ini sampai tanggal 19 Juli 2024. Dan untuk jenjang SMP dimulai hari ini sampai dengan 10 Juli 2024,” ujar Lubis.

Lubis melanjutkan, MPLS serentak ini diikuti oleh sebanyak total 38.805 siswa dari tingkat PAUD, SD hingga SMP se-Kabupaten OKI.

“Untuk PAUD berjumlah 16.770 siswa, SD berjumlah 13.274 siswa, dan SMP berjumlah 8.761 siswa,” jelasnya.

Dalam acara tersebut juga dicanangkan gerakan sekolah ramah anak anti perundungan dan anti kekerasan serta gerakan sekolah sehat mendidik generasi kuat dan hebat.

Usai membuka secara resmi gerakan tersebut, Sukmawati didampingi Plh. Kadisdik OKI berkesempatan untuk meninjau secara langsung pelaksanaan MPLS dibeberapa sekolah di Kecamatan Kayuagung, diantaranya SMPN 2 Kayuagung, TK Negeri Pembina Kayuagung dan SDN 1 Muara Baru Kayuagung. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda