Sekda Tegaskan Pentingnya Data Kependudukan Terkait Program Sosial Pemerintah

215

JAMBI, BERITAANDA РRapat koordinasi sosial kependudukan dan pencatatan sipil se-Provinsi Jambi tahun 2019 berlangsung di Wiltop Hotel Jambi, Rabu (20/3/2019).

Sekda Pemprov Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si menjelaskan, upaya pembangunan sosial, kependudukan dan catatan sipil menjadi bagian dalam mewujudkan program Jambi Tuntas 2021.

“Hakikat pembangunan yaitu, pembangunan manusia seutuhnya serta peningkatan kualitas kesejahteraan manusia perorangan,” kata sekda.

Pembangunan manusia sesuai harkat martabat juga peran dan fungsinya dalam kehidupan merupakan investasi sosial yang harus terencana, terpadu secara bertahap dan merata.

“Wujudkan kualitas kehidupan sosial masyarakat dan permasalahan tersebut juga berkaitan dengan dokumen KTP dan KK guna memperoleh akses penanggulangan kemiskinan, jaminan kesehatan, bantuan sosial dengan kepastian data yang ada semua dapat terukur dan tepat sasaran,” tegas sekda.

Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi terkait angka kemiskinan dari 7,92 persen di bulan September 2017 menjadi 7,85 persen di bulan September 2018, yang menjadi angka terendah dalam sejarah Provinsi Jambi. Namun masih dihadapkan pada tantangan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Sekretaris Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi Padli juga menyampaikan, acara tersebut bertujuan memperkuat koordinasi perencanaan program sosial pada instansi sosial kependudukan dan catatan sipil.

“Ada 40 orang peserta Kepala Dinas Sosial dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota serta pegawai terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18-20 Maret 2019,” ujar Padli. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda