Sejumlah Aktivis di Kerinci Desak Bupati Tak Lantik Kades Bermasalah

981

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Sebanyak 92 kades terpilih di Kabupaten Kerinci, Selasa (25/2/2020) besok, bakal dilantik oleh Bupati H. Adirozal.

Kabar pelantikan ke-92 kades terpilih itu disampaikan oleh Kadis Pemdes Kerinci Shahril Hayadi saat ditemui oleh BERITAANDA di ruang kerjanya, Senin (24/2/2020).

“Besok, kades terpilh di Kabupatan Kerinci akan dilantik dibagi dua wilayah, zona mudik dan zona hilir,” kata Shahril Hayadi.

Saat ditanya ada 8 dasa kades terpilih yang diduga bermasalah, apakah tetap dilantik atau ditunda, ia menjawab belum tahu.

“Untuk kades yang bermasalah kita belum tahu dilantik atau ditunda, itu tergantung dengan Pak Bupati besok,” ucap Shahril Hidayat.

Dari 92 kades terpilih tersebut, terdapat 8 desa yang diduga bermasalah terkait pilkades kemarin, dan permasalahan tersebut sudah dilaporkan ke Pemdes oleh warganya masing-masing.

Sementara sejumlah aktivis di Kerinci-Sungai Penuh anggkat bicara terkait permasalahan itu. Menurut Salimin yang merupakan aktivis senior kepada awak media mengatakan, dalam desa yang masih berkonflik terkatit masalah pilkades, diharapkan Bupati Kerinci untuk menunda dulu pelantikannya.

“Ya, sebelum persoalan diselesaikan, saya selaku aktivis sekaligus masyarakat biasa sangat berharap kepada Bupati Kerinci untuk tidak melantik kadas yang bermasalah,” kata Salimin.

Dikatakan salimin lagi, ada baiknya pihak terkait untuk menyelsaikan persoalan ini dengan jernih agar tidak menimbulkan persoalan baru dikemudian hari.

“Seandainya bupati tetap melantik 8 kades yang bermasalah waktu pemilihan kemarin, saya takut nanti terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Salimin. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda