Satpol PP Padangsidimpuan ‘Garuk’ 29 Orang di Saung Tertutup

3299

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padangsidimpuan menggelar razia, Sabtu (24/8/2019) sore, dalam rangka menegakkan peraturan daerah (perda). Kali ini sasarannya warung-warung yang tertutup atau terselubung.

Giat kali ini berhasil mengamankan 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Mereka yang diamankan langsung dibawa ke kantor Satpol PP setempat untuk dilakukan proses lebih lanjut berupa pembinaan.

Menurut Kepala Satpol PP Arbiuddin S. Hakim Harahap melalui Kepala Bidang Penegakan Perda Sadiqin Akhmad Siregar, ada dua tempat yang didatangi, yakni kawasan Simarsayang dan jalan by pass (jalan baru) Padangsidimpuan.

“Operasi kita mulai pukul 16.00 Wib tadi dengan melibatkan 15 orang personel Satpol PP. Hasilnya, 2 pasang muda-mudi berhasil diamankan dari lokasi wisata Simarsayang, dan selebihnya dari jalan baru,” jelas Sadiqin.

Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah antisipatif, menjawab keresahan masyarakat akan keberadaan pondok-pondok atau saung di sekitaran lokasi wisata kuliner serta wisata alam yang oleh masyarakat dicap negatif.

“Simarsayang terkenal dengan wisata alamnya, sedangkan jalan baru wisata kulinernya. Tetapi, masih saja ada oknum masyarakat yang memanfaatkan tingginya minat pengunjung datang ke lokasi itu, dengan menyediakan pondok-pondok tertutup,” ujar Sadiqin.

Sehingga, sambung dia, terhadap lokasi semacam itu gencar dilakukan razia, sampai nantinya menimbulkan efek jera, baik bagi penyedia lokasi maupun para pengunjung. Seyogyanya, semua pihak bekerjasama mempertahankan daerah ini sebagai kota beradat dan berbudaya. Dan, bukan merusak citranya.

Pantaun BERITAANDA di kantor Satpol PP Padangsidimpuan, terhadap 19 orang yang terjaring razia dilakukan pendataan dan dibuatkan pernyataan tertulis untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya, dan selanjutnya dilepas setelah pihak keluarga selaku penjamin datang menjemput.

Sehari sebelumnya, Jumat (23/8/2019) sore, Satpol PP Padangsidimpuan juga menggelar razia serupa. Sedikitnya 10 orang atau 5 pasangan diluar nikah diamankan dari satu lokasi, tepatnya di seputaran jalan baru, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda