Musda VI Pemuda/KNPI Padangsidimpuan Resmi Dibuka

266

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, tandai musyawarah daerah (musda) ke-VI Pemuda/KNPI Tahun 2019, Sabtu (24/8/2019) resmi dibuka, bertempat di gedung Adam Malik.

Musda dengan tema ‘Menyongsong Kebangkitan Pemuda Menuju Pemuda yang Mandiri, Berdaya Saing serta SDM Unggul Untuk Indonesia Maju’ ini turut dihadiri Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto, serta Wakapolres Kompol Matnur Dalimunthe.

Dikesempatan itu, walikota mengawali sambutannya dengan ucapan selamat atas pelaksanaan musda. Ia berharap melalui musda ini dapat mensinergikan berbagai program dalam memberikan kontribusi nyata bagi organisasi, masyarakat, serta pemerintah.

“Musda ini diharapkan dapat membahas beragam persoalan yang akan dihadapi para pemuda untuk menjawab tantangan zaman yang semakin maju, sekaligus mengevaluasi kegiatan dan kinerja KNPI, merumuskan masalah dan mencari solusinya,” ungkap Irsan.

Terkait agenda pembahasan musda kali ini, yang salah satunya adalah memilih kepengurusan baru, Irsan juga mantan Ketua KNPI Tapsel itu meminta agar dilaksanakan sesuai ketentuan ataupun mengacu aturan dasar organisasi, demi memunculkan kepengurusan yang solid.

“Siapa pun nantinya yang akan terpilih, maka itu adalah figur terbaik yang oleh semua jajaran pengurus tentunya harus mendukung program ketua terpilih. Dan disini, posisi pemerintah netral. Artinya siapa-siapa kepengurusan mendatang, itu sepenuhnya ditentukan oleh hasil musda,” tegas Irsan.

Ia menambahkan, musda harus menjadi sarana menyatukan visi dan misi seluruh pengurus dan departemen yang ada, serta visi dan misi OKP dalam peran nyata maupun kontribusi pemuda dalam mewarnai pembangunan Kota Padangsidimpuan.

“Kita berharap, melalui musda ini dapat memunculkan figur sentral pemuda yang bisa melahirkan berbagai program yang disinergikan dengan visi-misi Pemkot Padangsidimpuan, terutama menyangkut pembinaan pembangunan kepemudaan,” tandas Irsan.

Menurut Ketua KNPI Padangsidimpuan, Andi Lumalo Harahap, pelaksanaan musda ke-VI tahun 2019 ini sebagai bentuk kepatuhan organisasi terhadap aturan yang berlaku. Sejauh atau dalam kurun tiga tahun ke belakang ini, kata dia, berbagai kinerja telah dilakukan.

“Selama ini, berbagai upaya pembinaan kepemudaan telah kita lakukan secara aktif dan berkesinambungan. Seperti peningkatan SDM, terutama pada aspek tingkat kepemudaan. KNPI juga telah melakukan pembinaan kelompok usaha kepemudaan,” jelas dia.

Sambung Andi, semoga musda ini akan melahirkan pemimpin serta pengurus yang tidak sekedar mumpuni secara konsep ataupun ide. Tapi, sosok-sosok tangguh yang cakap menampilkan karya nyata, berkreasi mewujudkan pemuda yang lebih mandiri serta produktif.

Sebelumnya, ketua panitia Halomoan Harahap melaporkan, musda ke-VI Pemuda/KNPI Kota Padangsidimpuan tahun 2019 dilaksanakan selama dua hari, yakni 24-25 Agustus 2019, dengan diikuti oleh seluruh OKP yang bernaung di wadah KNPI. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda