Santri Ponpes Al-Ansor Sidimpuan Ikuti Vaksinasi Covid-19

228
Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan, Saripuddin Siregar, tampak foto bersama dengan Wakil Wali Kota, Kapolres, dan pejabat lainnya, jelang pemberian vaksin bagi santri Ponpes Al-Ansor.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Sejumlah santri Pondok Pesantren Al-Ansor, Desa Manunggang Julu, Sidimpuan Tenggara, Padangsidimpuan, mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemko setempat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Padangsidimpuan, Saripuddin Siregar, menyebut para santri terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Itu dilihat dari banyaknya jumlah para santri yang mendaftar untuk disuntik vaksin.

“Kita melihat animo mereka para generasi penerus kita itu untuk menerima vaksin Covid-19 sangatlah tinggi. Ini benar-benar di luar prakiraan,” kata Saripuddin, pada saat menghadiri pelaksanaan vaksinasi, pada Kamis (23/9).

Menurutnya, pondok pesantren menjadi tempat penting untuk program vaksinasi secara massal. Sebab, ponpes memiliki pengaruh yang besar di masyarakat untuk ikut mensosialisasikan pentingnya tubuh mendapat vaksin.

“Jika para santri dan kyiai divaksin, maka masyarakat juga akan bersedia divaksin. Vaksinasi massal di ponpes bertujuan membantu program Pemko Padangsidimpuan dalam menekan penyebaran Covid-19 serta mencapai herd immunity atau kekebalan tubuh,” kata Saripuddin.

Selanjutnya, Kakan Kemenag berpesan kepada seluruh santri Ponpes Al-Ansor yang telah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan jaminan membuat sepenuhnya kebal dari Covid-19.

“Meski sudah divaksin, kemungkinan terpapar akan tetap ada. Untuk itu, tetap terapkan protokol kesehatan setiap saat, jika perlu lebih diperketat lagi. Misalnya, memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak,” pesannya.

Saripuddin mengisyaratkan, selain upaya lahiriah seperti vaksinasi dan protokol kesehatan, diperlukan juga upaya bathiniyah. Maka itu, pihaknya mengajak pihak ponpes untuk bersama-sama berdo’a pandemi segera berakhir.

“Mari memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar Covid-19 ini terangkat dari muka bumi, sehingga semua dapat berjalan normal seperti sediakala. Semoga do’a kita semua diijabah oleh Yang Maha Kuasa,” harapnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Al-Ansor Manunggang Julu, H. Sahdi Ahmad Lubis menyampaikan terimakasih dan sekaligus mengapresiasi kepada semua pihak, yang telah memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi para santri.

“Semoga vaksinasi di Ponpes Al-Ansor ini menjadi awal yang baik dalam menyukseskan program vaksinasi bagi santri. Kami juga berharap vaksinasi kali ini membuat pandemi Covid-19 dapat berakhir secepatnya,” harapnya.

Pelaksanaan vaksinasi bagi kalangan usia 12 sampai 17 tahun di Ponpes Al-Ansor ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Padangsidimpuan beserta Kapolres. Tampak hadir Kadis Kesehatan, serta Camat Sidimpuan Tenggara. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda