Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kejari Sidimpuan Gelar Vaksinasi Massal

118
Salah satu peserta vaksinasi tampak mengacungkan jempol usai mendapatkan suntikan dosis vaksin sionavac.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Kejaksaan Negeri (Kajari) Padangsidimpuan bersama pemerintah kota (pemkot) melaksanakan vaksinasi massal kepada masyarakat.

“Vaksinasi ini kita gelar dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-61,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangsidimpuan Hendry Silitonga, di Gedung H. Adam Malik, Jalan Serma Lian Kosong, Rabu (7/7) pagi.

Menurutnya, target vaksinasi ini sebanyak 300 orang, dan diprioritaskan ke masyarakat yang memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). “Sesuai estimasi, kegiatan kita adakan satu hari penuh,” sambung Hendry.

Bagi Kejari, kegiatan ini merupakan dukungan nyata dari keluarga besar Adhyaksa dalam mensukseskan program pemerintah, menekan laju dan sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Padangsidimpuan.

“Terimakasih atas atensi masyarakat yang sudah ambil peran dengan datang ke lokasi dan mengikuti vaksinasi. Semoga dengan semakin banyak warga yang tervaksin, akan segera mengakhiri situasi pandemi ini,” harapnya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution yang ikut membuka kegiatan vaksinasi mengaku menyambut baik keikutsertaan Kejari Padangsidimpuan dalam upaya pencapaian program nasional di Kota Padangsidimpuan.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh Kejari Padangsidimpuan ini akan sangat membantu Pemkot dalam hal pencegahan dan penanganan virus berbahaya itu di kota kita. Apalagi, hingga kini jumah kasus Covid terus bertambah,” ujarnya.

Ia menambahkan, di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, pihaknya intens menggandeng semua pihak termasuk Kejari untuk mendorong masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi, selain penyuntikan vaksin, warga juga kita ingatkan patuhi protokol kesehatan, bahkan ada pemberian sanksi bagi yang mereka yang membandel. Semua itu, menjadi ikhtiar bersama dalam penanganan pandemi,” tegasnya.

Walikota pun menutup sambutannya, sesaat sebelum kegiatan vaksinasi dimulai, dengan ucapan terimakasih kepada Kejari Padangsidimpuan dan juga para peserta vaksinasi. “Selamat Hari Bhakti Adhyaksa,” tutup Irsan.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Sopian Subri Lubis membenarkan, kegiatan vaksinasi ini diinisiasi Kejari Padangsidimpuan. Tim vaksinator terdiri dari tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat.

“Kita juga melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas, Rumah Sakit TNI AD, dan Klinik Polres Padangsidimpuan. Sebanyak 30 vial dosis telah kita siapkan dalam kegiatan untuk 300 orang peserta vaksinasi,” jelas Sopian Subri.

Sebelum penyuntikan, peserta vaksinasi terlebih dahulu discreening untuk melihat kondisi kesehatannya. Setelah melalui rangkaian itu, baru kemudian dosis disuntikkan. “Untuk jenis vaksin masih Sinovac,” pungkasnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda