Puskesmas Sayurmatinggi Miliki Ruang Rawat Inap

83

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Gedung Baru UPT. Puskesmas Sayurmatinggi di Kecamatan Sayurmatinggi yang baru rampung dikerjakan, Senin (26/10/2020) diresmikan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu.

Peresmian gedung baru itu sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kesehatan bagi semua masyarakat Sayurmatinggi dan sekaligus bentuk perwujudan dari visi misi pihak Pemkab Tapsel agar masyarakatnya dapat sehat.

“Dari waktu ke waktu, kita terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik di bidang pendidikan maupun kesehatan agar masyarakat bisa sejahtera,” kata Syahrul, di sela meresmikan gedung baru tersebut.

Tugas kepala daerah itu, menurut bupati, ialah bagaimana meningkatkan harkat dan martabat rakyat dalam bentuk kesejahteraan. Meski di 2 periode kepemimpinan sebagai Bupati Tapsel, Syharul akui  belum sepenuhnya memberikan kepuasan hakiki kepada semua masyarakat.

“Akan tetapi, saya telah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dengan segala daya dan upaya, dengan membangun kolaborasi kepada berbagai penentu kebijakan di tingkat nasional maupun di tingkat provinsi,” ujarnya.

Terakhir, Bupati Syahrul mengingatkan tenaga medis yang bertugas di lingkungan Puskesmas Sayurmatinggi untuk senantiasa  memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa menyebut, latarbelakang dibangunnya gedung ini adalah untuk penyediaan ruang rawat inap, agar bisa merawat pasien selama lebih kurang tiga hari sebelum dirujuk ke faskes rujukan lanjutan.

“Permintaan rehab gedung rawatan Puskesmas Sayurmatinggi ini diajukan tahun 2019 kemarin. Alhamdulillah, usulan itu diterima Bupati Tapsel lalu ditindaklanjuti ke Kementerian Kesehatan RI. Dan, inilah hasilnya,” ungkap dr. Sri.

Harapannya, dengan telah berdirinya gedung rawat ini, ke depan akan mampu menjawab persoalan-persoalan serta menyahuti tuntutan dari masyarakat Kecamatan Sayurmatinggi.

Tahun 2020 ini, masih ada dua puskesmas lagi yang akan menjadi target untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Tapanuli Selatan yaitu, Puskesmas Danau Marsabut Sipirok dan Puskesmas Simarpinggan Angkola Selatan.

Menanggapi peresmian itu, tokoh masyarakat Sayurmatinggi Ambia Sipahutar mengucapkan terima kasih ke Bupati serta Kadis Kesehatan. Bagi dia, puskesmas itu semakin maju dengan dibangunnya gedung baru untuk rawat inap.

“Semoga dengan tersedianya ruang rawat inap, pelayanan kesehatan akan semakin baik. Kami masyarakat Sayurmatinggi berdoa, agar kiranya Bapak Syahrul selalu diberi kesehatan dalam memimpin Tapsel walau beberapa bulan lagi akan memasuki masa purna tugas,” ucapnya.

Selanjutnya, terhadap sosok pengganti, Ambia berharap adalah figur yang dapat melanjutkan pembangunan di Tapsel sesuai visi misi Bupati Syahrul. Yaitu mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Peresmian dirangkaikan dengan pemotongan nasi tumpeng dan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Bupati Tapsel, kemudian dilanjutkan peninjauan ruangan dan fasilitas yang telah tersedia di gedung baru. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda