Program Usulan Muncul dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Cengal, Mesuji Makmur dan Lempuing

610

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dalam kegiatan musrenbang tingkat kecamatan, untuk wilayah Kecamatan Cengal ada beberapa program yang diusulkan. Seperti disampaikan Kades Lebak Beriang, di aula kantor Kecamatan Cengal, Selasa (22/1/2019) kemarin.

“Dia meminta penimbunan tanah di Dusun 1 Lebak Beriang ke Desa Rimau Malang, lebar 7 meter dan panjang 550 meter,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten OKI, Makruf CM.,S.Ip.,MM, Rabu (23/1/2019).

Tak hanya itu, juga penimbunan rawa lebak Desa Lebak Beriang, pembangunan jembatan Dusun 3 Lebak Beriang sepanjang 30 meter, pemasangan PLN di titik pelosok Desa Lebak Beriang serta pemasangan tower seluler di Desa Lebak Beriang.

“Kades Ulak Kedondong usulkan pemasangan PLN dari Dusun 1 sampai Dusun 4 Desa Ulak Kedondong dengan jumlah penduduk sebanyak 400 KK/1.000 jiwa, serta pengerasan jalan dari Desa Ulak Kedondong ke jalan poros kabupaten sepanjang 9 kilometer,” katanya.

Kades Parit Raya, katanya lagi, usulkan pengerasan jalan yang tidak terlaksana, padahal telah dianggarkan. Dan Kepala Puskesmas Cengal mengemukan, pemberitahuan tentang surat edaran gubernur terkait pelayanan jamsoskes yang telah ditiadakan.

“Kepala SDN 1 Cengal usulkan pembangunan ruang belajar untuk siswa. Sedangkan pendamping desa meminta adanya penambahan pendamping desa sebanyak 2 orang untuk wilayah Kecamatan Cengal,” ungkapnya.

Anggota DPRD OKI, Nanda, SH, masih katanya, mengusulkan cor jalan dari Desa Kebun Cabe ke kecamatan sepanjang 2 Km, pengerasan jalan dari Dusun 7 ke Dusun 8 Desa Sukadamai (lanjutan) dan pengerasan jalan dari Desa Ulak Kedondong ke jalan poros kabupaten.

Disisi lain, lanjutnya, usulan program prioritas dari hasil pembahasan pada kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Mesuji Makmur untuk dapat didanai melalui APBD Kabupaten OKI tahun anggaran 2020, peningkatan jalan dan jembatan penghubung Desa Sumber Mulya dengan Desa Cahaya Mulya.

“Desa Pematang Suka Tani, pembangunan pagelar sekolah, pengerasan jalan Pematang Suka Tani dengan Catur tunggal sepanjang 1,5 Km. Desa Pematang Sari, normalisasi sungai dan Desa Beringin Jaya, peningkatan atau┬ápembangunan jalan penghubung,” ujarnya.

Masih lanjutnya, usulan lainnya meliputi pembangunan tower provider, jalan penghubung Desa Catur Tunggal – Mukti Karya, pembangunan ruang UGD Puskesmas ukuran 6mx6m, serta bantuan alat berat untuk standby di kecamatan nantinya dapat digunakan untuk pemeliharaan atau perbaikan jalan yang rusak.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Lempuing, dilanjutkannya lagi, Desa Tugu Mulyo usulkan pembangunan jalan alternatif dari Dusun 3 sampai kantor Desa Tugu Agung, 2 Km (jalan lingkar pasar Tugu Mulyo), jalan ke SMP yang dibangun pada tahun 2017 sekarang rusak parah, serta penambahan tiang listrik.

“Desa Tulung Harapan, pembangunan jembatan kali abang berupa jembatan besi, 24mx5m. Pembangunan jembatan tulung survei 45 meter dan normalisasi sungai tulung honi dan sungai kali abang yang berada di dusun 1-5 sepanjang 6 Km,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda