Pererat Tali Silaturahmi, Kapolres Nias Selatan Terima Kunjungan FKUB

254

NIAS SELATAN-SUMUT, BERITAANDA – Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK menerima kunjungan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Nias Selatan, di Mapolres Nias Selatan Jln. Mohammad Hatta Kecamatan Teluk Dalam Nias Selatan, dalam rangka mempererat tali silaturahmi, Rabu (23/1/2019) pagi.

Adapun yang hadir dalam kunjungan tersebut yaitu Pdt. Yohanes Amazihono mewakili Ketua FKUB Nias Selatan, Ketua MUI Nias Selatan H. Sulaiman Harefa, dan Sekretaris MUI Nias Selatan Abdul Gani Ge’e.

Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tokoh agama atas kunjungannya di Polres Nias Selatan, dengan tujuan untuk mempererat hubungan tali silaturahmi.

I Gede menyampaikan kalau Kapolda Sumatera Utara berencana akan melaksanakan pertemuan dengan seluruh tokoh agama di Kepulauan Nias pada tanggal 27 Januari 2019 mendatang. “Salah satu tugas kami (Polri) dalam menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Nias Selatan,” terangnya.

Selanjutnta, pada kesempatan itu, Kapolres juga mengajak tokoh-tokoh agama di Kabupaten Nias Selatan untuk membantu Polri menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang pemilu pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Sehubungan dengan tahun politik (pesta demokrasi tahun 2019) bahwa akan dilaksanakan pemilu 2019, saya mengajak bapak tokoh agama sekalian untuk ikut membantu Polri menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Nias Selatan.”

“Saya tetap mengingatkan kepada kita semua jangan sampai ada ditemukan rumah ibadah, baik itu masjid maupun gereja dijadikan tempat praktik politik seperti kampanye, dalam rangka menyuarakan atau menyebarkan hoax. Silahkan berkhotbah atau berdakwah sesuai dengan ajaran agama yang sesungguhnya, atau tidak ada mengubah isi dari ajaran-ajaran yang dimaksud,” himbaunya.

Sekretaris MUI Nias Selatan Abdul Gani Ge’e juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Nias Selatan yang telah menyambut dan menerima kedatangan kami untuk melaksanakan silaturahmi.

“Dari hasil aturan yang telah kami sepakati bahwa hingga sampai saat ini tidak diizinkan atau tidak diperbolehkan sembarangan orang untuk masuk ke masjid. Untuk wilayah Kecamatan Lagundri kami tetap menjaga keamanan dalam melaksanakan khotib (dakwah) di masjid, agar tidak mengganggu kondusifitas kamtibmas wilayah Kecamatan Lagundri Maniamolo dan sekitarnya,” jelas Ge’e.

Terkait masalah pengambilan pasir (penambangan liar) di Pantai Lagundri, Abdul Gani menerangkan bahwa warga Kecamatan Lagundri tetap melakukan penertiban kepada masyarakat atau oknum yang tidak bertanggung jawab, agar keadaan pantai tersebut kembali seperti dulu kala.

“Kami beserta FKUB Kabupaten Nias Selatan tetap mendukung dan menjaga kestabilan antar umat beragama, dan menjaga kondusifitas yang aman dan baik menjelang pemilu 2019,” jelas dia.

Mewakili Ketua FKUB Kabupaten Nias Selatan, Pdt. Yohanes Amazihono menyampaikan bahwa wilayah Nias Selatan hingga sampai saat ini belum ada ditemukannya masalah umat beragama. Hal itu tercipta dikarenakan masing-masing umat muslim dan nasrani masih memiliki budaya yang ketat terhadap hubungan keluarga dan adat istiadat.

“Terkait dengan masalah politik di Kabupaten Nias Selatan, hingga sampai saat ini banyak pembahasan tentang calon legislatif pada pemilu 2019 mendatang. Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang, masih belum ada ditemukan masalah yang menonjol atau serius di dalam umat beragama. Harapan kami dari FKUB Kabupaten Nias Selatan akan lebih bersinergitas atau ikut membantu dalam menyelesaikan permasalahan umat beragama di wilayah Kabupaten Nias Selatan,” harap Pdt Yohanes.

Tambahnya, menurut Pdt Yahanes bahwa hingga saat ini penyakit masyarakat Kabupaten Nias Selatan ialah masih mengkonsumsi minuman keras seperti tuak nifaro (TN) yang sering digunakan dalam acara marga dan juga pesta.

“Begitu juga dengan penggunaan narkoba, jika masyarakat hendak melaporkan tentang peredaran dan penggunaan narkoba, dimohon segera ditanggapi,” ujarnya.

Hadir pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang Kapolres Nias Selatan yakni Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK, Kasat Intelkam Polres Nias Selata AKP Jos Tumpak Simanjuntak SH, Kasat Binmas Polres Nias Selatan IPTU P.T Silalahi, SH, PS. Kasubag Humas Polres Nias Selatan Brigadir Dian Okto lumban Tobing, Pdt. Yohanes Amazihono mewakili Ketua FKUB Nias Selatan, Ketua MUI Nias Selatan H. Sulaiman Harefa, dan Sekretaris MUI Nias Selatan Abdul Gani Ge’e. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda