Polres Sekadau Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad

11

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kepolisian Resor Sekadau menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam 1442 Hijriah yang berlangsung di Masjid Ar Rahmat Polres Sekadau, Rabu (28/10/2020) pagi.

Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko, SIK MM, dan dihadiri Wakapolres Kompol Edy Haryanto, SH MH, para PJU dan diikuti personel Perwira maupun Bintara yang beragama Islam.

Peringatan Maulid Nabi kali ini mengusung tema ‘Dengan Keteladanan Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Kita Kuatkan Persaudaraan dan Kepedulian Guna Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif’.

Kapolres menjelaskan, tema tersebut menjadi acuan personel kepolisian, khususnya di jajaran Polda Kalbar. Dimana saat ini termasuk di Sekadau masih melaksanakan tahapan pilkada.

“Kita mempunyai kewajiban untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif, dan kita selaku aparat dapat menjaga kamtibmas tetap kondusif dengan keimanan,” tutur Kapolres membuka kegiatan.

“Jadi, keimanan jangan sampai luntur. Karena kita mempunyai tanggung jawab. Dalam menjalankan tugas kita harus dibekali keimanan, tidak emosional, supaya kita tetap humanis kepada masyarakat,” sambungnya.

Acara dilanjutkan siraman rohani dengan menghadirkan Ustadz Jimmi Nadeak sebagai penceramah.

Dalam ceramahnya, Ustadz Jimmi menjelaskan bahwa salah satu misi pengutusan Rasulullah di dunia adalah untuk mewujudkan keadilan, kedamaian dan ketenteraman. Misi tersebut dapat diteladani dalam tugas dan keseharian sebagai personel kepolisian berlandaskan keimanan dan ajaran Islam untuk menjaga kamtibmas kondusif di masyarakat.

Sebagai personel kepolisian hendaklah memiliki sifat taqwa/tawakal, tawaqquf (mendengarkan kebenaran), qonaah (bersyukur karnena dibutuhkan masyarakat), dan waroh (menjaga diri dari yang haram).

“Kenikmatan yang terbesar adalah ketika diterima oleh masyarakat. Yakin, luruskan niat ibadah kita bekerja untuk masyarakat,” tutur Ustadz Jimmi dalam ceramahnya. [Arni]

Bagaimana Menurut Anda