Pj. Bupati Tubaba Nilai Sispamkota Wujudkan Pemilu Damai dan Aman

75

TULANG BAWANG BARAT, BERITAANDA – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari 2024, personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Simulasi tersebut dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Tubaba pada Kamis (19/10/2023).

Pembuka simulasi ini diawali parade kendaraan dari gabungan personel kepolisian, TNI dan instansi terkait Pemkab Tubaba, serta berbagai atraksi simulasi pengamanan mulai dari tingkat sedang hingga tingkat anarkis yang berpotensi dalam Pemilu 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada mengapresiasi kegiatan sispamkota ini. Menurutnya, ini bentuk kesiapan TNI, Polri dan Pemkab Tubaba menjelang Pemilu mendatang.

“Simulasi ini diperlukan untuk mengantisipasi apapun yang namanya ancaman, tantangan hambatan, dan gangguan. Walaupun di Tubaba kejadian-kejadian konflik relatif kecil, serta unjuk rasa di tahun ini nyaris tidak ada, tetapi dalam pesta demokrasi bukan tidak mungkin akan terjadi yang seperti sedang kita semua simulasikan pada siang hari,” kata Firsada.

Menurutnya, tidak hanya pihak kepolisian dan TNI saja, namun semua unsur harus mengantisipasi yang namanya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, baik dari partai politik, calon legislatif, hingga capres beserta tim-timnya yang akan ikut berkompetisi.

“Tidak hanya akan terjadi pada isu sara, suku, agama, dan ras antar golongan, pasti yang di bawah ini kalau kita tidak melakukan yang namanya deteksi dini maka itu akan membesar. Oleh karenanya, 6 pilar pemerintah, TNI-Polri, kemudian Kejaksaan, Pengadilan dan DPRD harus bersinergi bersama-sama. Semakin kita tekan ancaman maka semakin aman penyelenggaraan Pemilu,” ungkapnya.

Firsada juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran kepolisian dan TNI dan seluruh pihak terkait, yang hari ini sudah menunjukkan simulasi dengan semangat dan keseriusan.

“Semoga Kabupaten Tulang Bawang Barat aman, damai, tertib, dan lancar dalam melaksanakan Pemilihan Umum pada Februari 2024 mendatang,” tutupnya. (Wawan)

Bagaimana Menurut Anda