Pesan Bupati di Situmba Julu: Pelihara Kekompakan Selama Ini

186

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu dalam kunjungannya di Masjid Al-Ikhlas Kampung Mandurana, Desa Situmba Julu, Kamis (23/5/2019), mengapresiasi kekompakan dan kebersamaan yang terjalin di Kecamatan Sipirok, Tapsel.

“Dari sembilan kecamatan yang sudah kami sambangi, di Kecamatan Sipiroklah yang paling banyak. Saya mengucapkan terimakasih atas sambutannya, dan terus pelihara serta pertahankan kekompakan dan kebersamaan kita ini,” kata Syahrul.

Dijelaskannya, banyak hal yang ingin diraih dari hari-hari besar keagamaan seperti saat ini, misalnya dari segi prespektif keagamaan yang tidak hanya dirayakan, disambut atapun diperingati dalam bentuk rutin.

“Tapi diharapkan ada peningkatan kualitas diri pada setiap hari-hari besar keagamaan, sedangkan dari prespektif pemerintahan dan sosial kemasyarakatan. Pemerintah harus terjun langsung ke kecamatan dan desa, dengan demikian pemerintah akan tahu persis perkembangan sosial keagamaan di daerah itu,” jelasnya.

Sementara Camat Sipirok Sardin Hasibuan mengucapkan selamat datang atas kehadiran bupati dan masyarakat. Semoga dengan terselenggaranya safari Ramadhan ini, kata dia, dapat memberikan keberkahan dan rahmat di kampung Manduran.

“Terlaksananya safari di masjid ini, atas saran dari masyarakat Situmba. Yang ingin langsung berjumpa dengan bapak bupati kita,” katanya.

Dikesempatan itu, Ustadz Ali Anas Nasution dalam tausiahnya menyinggung tentang Nuzulul Quran yang sudah terjadi pada puasa ke 17, selain Alquran yang diturunkan Allah pada bulan Ramadhan, ada juga kitab Taurat, Jabur, dan Injil.

“Makanya keberkahan bulan Ramadhan sangat banyak dicatat oleh sejarah, di bulan Ramadhan Allah memberikan kemenangan-kemenangan bagi orang yang menegakkan kebenaran,” jelasnya.

Selanjutnya, seperti safari Ramadhan di kecamatan lainnya, bupati dua periode ini juga memberikan bantuan dari Baznas kepada 15 orang mustahik sebesar Rp500 ribu/orang, BKMT menyantuni enam orang anak yatim sebesar Rp150 ribu/orang. Dari Bank Sumut Cabang Sipirok memberikan bantuan kepada lima orang mustahik. Sedangkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) berupa bingkisan kepada delapan orang di kecamatan itu.

Safari Ramadhan dihadiri Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kepala Bank Sumut Cabang Sipirok, beberapa pimpinan OPD, forkopimcam, tokot adat Sipirok, Ketua Dharma Wanita, Ketua MUI, Ketua BKMT, kepala sekolah, kepala desa/lurah, PKK, OKP, MAN IC, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Mandurana. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda