Perwal Jam Operasional Warnet di Padangsidimpuan Akan Segera Terbit

598

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITANDA – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menegaskan bahwa, dalam waktu dekat ini akan menerbitkan peraturan walikota (perwal) yang mengatur tata kelola warnet di Kota Padangsidimpuan.

“Kita akan terbitkan perwal, yang isinya pembatasan jam operasional harian seluruh warnet, terbatas hanya sampai pukul 22.00 Wib malam saja,” ujarnya pada saat mediasi antar warga Kelurahan Pijorkoling dengan Desa Manunggang Julu, di kantor Camat P.Sidimpuan Tenggara.

Sebagai bentuk kesigapan serta keseriusan, Walikota Padangsidimpuan memerintahkan langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Islahuddin Nasution, untuk menyegerakan penyusunan draft perwal agar secepatnya dapat diterbitkan dan diberlakukan.

Dikatakan Irsan, disamping penerbitan aturan operasional warnet yang bersifat mendesak, untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan penyelamatan masa depan generasi muda Kota Padangsidimpuan, juga sebagai tanggapan atas permintaan masyarakat.

Permintaan itu muncul dari perwakilan tokoh masyarakat di saat mediasi, Senin (18/2/2019). Dimana yang bersangkutan meyakini, orientasi generasi muda berbuat tindak kriminal berupa pencurian dan jambret dalam mendapatkan uang, salah satunya adalah demi bisa bermain di warnet.

Menyikapi hal tersebut, kata Irsan, sesuai hasil koordinasi langsung dengan Kapolres, Dandim dan Danyon, maka untuk kebaikan generasi muda dan menjawab keresahan para orangtua, diputuskan rentang waktu beroperasi warnet se-Kota Padangsidimpuan akan dibatasi.

Pada kesempatan itu, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya menerangkan, pihaknya akan segera membentuk tim gabungan bersama Satpol PP Padangsidimpuan, sebagai langkah pendahuluan untuk penertiban masa operasional warnet.

“Kepolisian cukup banyak menangani tindak kriminal berupa pencurian dan penjambretan yang melibatkan anak-anak remaja sebagai tersangkanya. Hasil penyidikan, banyak dari tersangka mengaku melakukannya dengan tujuan agar bisa mendapatkan uang untuk main di warnet,” jelas AKBP Hilman.

Kapolres juga menuturkan, agenda maupun giat penertiban itu sangat baik, demi upaya kongkrit dalam menjaga situasi Kota Padangsidimpuan tetap aman dan kondusif, apalagi menjelang pelaksanaan pemilu serentak yang terbilang sudah semakin dekat ini. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda