Percepat Transisi Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah Titik SPKLU Baru di Lampung

12

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Aplikasi PLN Mobile sajikan fitur tambahan SPKLU, menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik.

Energi listrik merupakan energi yang ramah lingkungan, bersih tanpa polusi, tanpa karbonisasi, praktis dan ekonomis. Oleh karena itu, program Electrifying Lifestyle yang selalu dikampanyekan PT PLN (Persero) dalam mendorong masyarakat menuju gaya hidup yang sehat, bersih dan praktis.

Sesuai arahan pemerintah dalam mempercepat konversi energi fosil (bensin, solar) ke energi listrik yang lebih ramah lingkungan, PT PLN (Persero) terus melakukan upaya-upaya  dalam mendorong pertumbuhan pemakaian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Maka, penggunaan kendaraan listrik merupakan pilihan yang paling tepat saat ini.

Mendukung hal itu, PLN terus memperbanyak insfrastruktur pendukungnya berupa titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Lampung.

“Penambahan titik lokasi SPKLU ini merupakan tekad kita bersama dalam mendorong masyarakat untuk bertransisi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang bersih dan ramah lingkungan,” ujar Bagus H Abrianto selaku Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Lampung, Rabu (1/12).

Sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, terlebih dengan didukungnya akses jalan Tol Trans Sumatera, PLN menilai perlu memperbanyak titik SPKLU guna mengantisipasi meningkatnya minat penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

Bagus menjelaskan bahwa bagi masyarakat Bandar Lampung pengguna kendaraan listrik kini semakin mudah, karena PLN UID Lampung telah mengoperasikan penambahan satu titik SPKLU yang berlokasi di El’s Coffee Roastery Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandar Lampung pada hari Senin (29/11).

Lanjut dia, rencananya pada bulan Desember 2021 ini, PLN akan menambah satu titik lagi di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 49A. Ini merupakan lanjutan setelah SPKLU pertama di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 20 B dioperasikan pada tahun yang lalu.

Bukan hanya memenuhi ketersediaan kebutuhan SPKLU saja, PLN juga telah menambahkan sajian fitur layanan terbaru tentang SPKLU pada aplikasi PLN Mobile. Sehingga, seluruh pengguna kendaraan listrik sekaligus pengguna Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan lebih mudah dalam bertransaksi dan mencari titik lokasi SPKLU yang terdekat.

“Fitur tambahan pada aplikasi PLN Mobile kini sudah tersedia menu SPKLU yang terkoneksi dengan aplikasi Charge In, sehingga dapat menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik dalam mencari lokasi SPKLU terdekat serta kemudahan bertransaksi yang terintegrasi dengan fintech Link Aja,” pungkasnya. [Katharina Yanuarti]

Bagaimana Menurut Anda