Peran Media di Mata Dandim 0212/Tapsel: Menangkal Kekacauan Informasi

51
Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing saat berbicara di acara silaturahmi bersama insan pers di Tabagsel.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Di tengah maraknya banjir informasi, peran media diharapkan bisa menjadi rumah penjernih, sebagai tempat orang dalam menemukan berita yang benar sesuai fakta di lapangan.

“Media melalui karya jurnalistik para wartawan mampu menangkal kekacauan informasi,” kata Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, di acara silaturahmi bersama insan pers dari media online, cetak, dan lainnya.

Pertemuan yang dipusatkan di aula Daulay Simorangkir Makodim 0212/TS, di Kota Padangsidimpuan ini, dihadiri Kasubbag Humas Polres Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan Padang Lawas. Hadir pula Kadis Kominfo dari Pemko Padangsidimpuan, Pemkab Tapanuli Selatan, Pemkab Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Pemkab Padang Lawas. Sejumlah daerah ini merupakan wilayah teritorial Kodim 0212/TS.

Dandim menilai, media harus bisa menjadi bahan rujukan bagi masyarakat untuk mengecek kebenaran informasi. Terlebih, kemajuan teknologi membuat semua kalangan usia yang memiliki gadget mudah mengakses informasi.

“Saat ini, hampir semua orang mulai kalangan remaja hingga dewasa mempunyai gadget. Bisa dibayangkan, bagaimana jika informasi yang mereka dapatkan justru mengarah provokatif dan tidak mengedukasi,” nilainya.

Bahkan, cerita Dandim, dalam pelaksanaan razia masker yang diikutinya di wilayah Kota Padangsidimpuan pernah harus berdebat dengan seseorang yang notabene masih usia remaja. Menolak arahan petugas memakai masker.

“Jadi, si anak ini menolak menggunakan masker karena menilai Covid-19 itu adalah rekayasa, dan konspirasi dari pihak tertentu. Tetapi kita menyadari, itu karena sumber referensi yang dibaca si anak tidak edukatif,” ceritanya.

Inilah yang menjadi tolak ukur bagi Dandim, bagaimana peran media itu benar-benar berpengaruh membentuk pola pikir masyarakat dalam melihat segala sesuatunya, hal apa saja yang sedang terjadi dan menjadi isu publik.

“Berkat peran dan parsipasi media pula yang begitu eksis memberitakan, Kodim 0212/Tapsel berhasil meraih juara II nasional kategori lomba karya jurnalistik TMMD ke-111 dan kami kami sangat berterimakasih atas itu,” ucapnya.

Terakhir, kepada seluruh rekan media yang bertugas di wilayah teritorial Kodim 0212/Tapsel, Dandim berpesan, agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas demi upaya meminimalisir tertular Covid-19.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabagsel, Sukri Falah Harahap, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim 0212/TS beserta jajarannya karena telah mengikutsertakan insan pers bagian dari peraihan juara.

“Terimakasih tak terhingga dari kami segenap insan pers di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) kepada Komandan Kodim 0212/TS, telah menyertakan kami menjadi bagian pelaku sejarah perjuangan meraih juara itu,” ucap Falah.

Ucapan terimakasih juga dia sampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono. Sejak kata-kata motivasi yang dilontarkannya di depan Forum Pemred pada tahun 2016, hubungan TNI AD dan jurnalis atau media semakin erat dan harmonis, serta lebih baik.

KSAD memotivasi, ‘Kita yakin Tuhan Maha Tahu, tetapi dunia perlu diberitahu. Maknanya, manusia sebagai umat beragama yakini Tuhan itu Maha Segalanya. Tetapi harus diingat pula, bahwa manusia musti tahu perkembangan. “Dan, disinilah manusia di dunia harus diberitahu dengan segala perkembangan itu, melalui pemberitaan dari hasil karya jurnalistik yang ditulis para insan pers,” ujar Falah.

Ia pun berharap, ke depannya, sinergitas kemitraan TNI AD dengan insan pers akan semakin lebih baik sekaligus harmonis. Sehingga, prestasi demi prestasi lainnya untuk Kodim 0212/Tapsel dapat diwujudkan bersama. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda