Penggunaan DD Marjanji Diduga Tidak Tepat Sasaran

156

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dana desa (DD) yang bersumber dari APBN yang dikucurkan oleh pemerintah pusat digunakan untuk kepentingan masyarakat dalam membangun sarana infrastruktur di desa.

Namun penggunaan DD tahun 2019 di Desa Marjanji Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diduga tidak digunakan oleh pemerintah desa (pemdes) setempat untuk membangun atau memperbaiki sarana infrastruktur di desa tersebut.

Seperti di jalan Dusun 13 Hutalambir yang merupakan akses menghubungkan jalan ke Dusun Bangun Jaya serta ke kantor desa. Jalan itu sudah rusak total dan hancur total akibat longsor. Kemudian, jalan tersebut juga sulit dilintasi oleh masyarakat jika menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Salah seorang warga dusun yang enggan namanya disebutkan mengatakan, bahwa jalan yang rusak tersebut sudah diusulkan oleh masyarakat pada musyawarah desa (musdus), tetapi tidak digubris oleh Kades Rizal.

“Justru pihak pemdes malah membangun jalan rabat beton di depan rumah kepala dusun (kadus) yang bernama Leman Sinaga. Padahal jalan tersebut masih layak digunakan oleh masyarakat dusun jika dilewati, dan penggunaan DD tersebut dinilai tidak sesuai apa yang diusulkan oleh masyarakat. Seharusnya kades membangun jalan yang rusak,” katanya, Jumat (5/7/2019).

Sementara Kepala Dusun (Kadus) Dusun 13 Desa Marjanji, Leman Sinaga menjelaskan, jalan itu sudah pernah diusulkan, tetapi entah kenapa hingga saat ini usulan dari masyarakat tidak ditindaklanjuti oleh Kedes Rizal.

“Padahal masalah pembangunan sarana infrastruktur di Desa Marjanji sudah dimusyawarakan oleh pemdes bersama masyarakat. Sementara untuk masalah pembangunan di desa bukan wewenang saya selaku kadus,” ungkapnya.

Ketika ingin menanyakan perihal masalah jalan tersebut kepada Kades Rizal melalui WhatsApp (WA)-nya, yang bersangkutan tidak menjawab pesan yang dikirim. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda