Pendataan SP2020 Gunakan Metode Data Adminduk

813
Ilustrasi

JAMBI, BERITAANDA – Bertempat di Hotel Odua Weston Kota Jambi, Badan Pusat Statistik Kota Jambi menggelar pelatihan bagi calon petugas pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik sensus penduduk 2020. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Kota Jambi, Pangroian Marpaung SE, Senin (1/4/2019).

Dikatakan oleh Pangroian Marpaung, sensus penduduk 2020 merupakan pendataan sensus penduduk ke-7 dari Indonesia merdeka.

“BPS RI menetapkan pendataan SP2020 menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk), sebagai data dasar untuk dimutakhirkan dan dilengkapi sesuai dengan konsep dan esensi sensus penduduk,” jelasnya.

Penggunaan data adminduk akan mengubah desain sensus dan survei BPS yang selama ini digunakan. Kerangka induk yang semula berisi blok sensus sebagai wilayah kerja statistik terkecil akan dilengkapi dengan satuan lingkungan setempat (SLS).

“Kegiatan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilkerstat SP2020 tahun 2019 ini untuk melengkapi kerangka induk yang akan digunakan sampai dengan 10 tahun ke depan,” ujarnya.

Untuk melengkapi kerangka induk, dibutuhkan antara lain peta wilkerstat atau data spesial dalam format analog dan format digital serta muatan SLS. “Muatan SLS berisikan jumlah bangunan sensus, jumlah KK, kriteria dominan, nantinya akan menjadi dasar pembentukan cluster area 2020,” urainya. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda