Pemkot Gunungsitoli Salurkan Pinjaman Dana Bergulir Tahap Kedua

316

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli melalui UPTD Pengelola Dana Bergulir akan menyalurkan pinjaman dana bergulir untuk tahap kedua.

“Selasa (16/7/2019) kita akan mulai mencairkan pinjaman dana bergulir tahap kedua. Total besaran dana tahap kedua ini sebesar Rp277 Juta yang akan diberikan kepada 20 calon debitur pelaku usaha mikro yang ada di Kota Gunungsitoli,” kata Kepala UPTD Pengelola Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Torotodo Zega SE, di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019) sore.

Torotodo menjelaskan bahwa besaran dana yang akan diterima para 20 calon debitur tersebut disesuaikan berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha, hasil survei lapangan, serta nilai anggunan yang diberikan sebagai anggunan.

“Dari Rp277 juta yang akan kita keluarkan bisa saja tidak terealisasi semua, dikarenakan diantara 20 calon debitur bisa saja tidak jadi mengambil pinjaman tersebut, karena tidak sesuai besaran pengajuan diawal. Sebab, besaran dana yang akan kita berikan kepada calon debitur itu tidak serta merta sesuai pengajuan awal calon debitur,” terang dia.

Lanjut dia, tetapi besaran pinjaman yang akan diterima oleh calon debitur itu berdasarkan hasil dari analisis kelayakan usaha, hasil survei lapangan, dan juga sangat dipengaruhi oleh nilai anggunan yang akan diberikan sebagai anggunan.

“Karena berdasarkan peraturan yakni nilai anggunan harus 125% lebih besar dari dana yang akan dipinjam,” ujarnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda