Pemkab Sergai Peringati BBGRM dan HKG PKK ke-47 Tahun 2019

236

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) peringati Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tahun 2019, di lapangan bola kaki PT. Cinta Raja Desa Silinda, Kecamatan Silinda, Rabu (6/11/2019).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan, seiring derasnya pengaruh global yang masuk dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, nilai-nilai kegotong-royongan sedikit demi sedikit mulai terkikis dalam kehidupan masyarakat

Dikatakan bupati, bahwa peralihan dari ekonomi agraris ke industri 4.0 berpotensi meredupkan semangat gotong-royong akibat menguatnya sifat individualis materialistis. Padahal, gotong-royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang juga tertuang dalam sila ke-5 Pancasila.

“Peringatan BBGRM XVI yang dirangkai dengan HKI diharapkan dapat menumbuhkan dan memupuk kembali rasa dan sifat kegotong-royongan di tengah-tengah masyarakat, dan mendayagunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa, juga diharapkan PKK memberikan ide-ide kreatif dan inovatif sebagai penggerak masyarakat desa,” tegas bupati.

Pada acara ini juga dilaksanakan bersih-bersih lingkungan di Desa Tarean, pemeriksaan kesehatan posbindu PTM oleh Puskesmas Silinda dan Dinas Kesehatan, pemeriksaan tulang yang diprakarsai oleh dunia usaha, serta pemberian bibit jengkol dan trambesi oleh Dinas KLH.

Selain itu, sebelum acara berlangsung telah dilakukan juga pengecatan lapak usaha kecil masyarakat Desa Silinda, hiburan rakyat, dan dilanjutkan pemutaran film penyuluhan KB.

TPP PKK Kabupaten juga telah melakukan perlombaan seperti, lomba penyuluhan administrasi PKK, parade etnis, memasak kudapan dari bahan lokal. Kegiatan-kegiatan ini adalah wujud semangat kegotog-royongan yang dicoba untuk senantiasa dilakukan secara berkelanjutan, sehingga dengan semangat kegotong-royongan, harapan dan cita-cita dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat lebih cepat tercapai.

Di hari yang sama, dicanangkan juga kegiatan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan yang sudah berlangsung sejak bulan Oktober sampai Desember, dan diprioritaskan di kampung KB.

Sementara Kadis PMD H Ikhsan, AP, MSi, melaporkan, BBGRM yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong-royong menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gorong-gorong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil pembangunan.

“BBGRM bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan gotong-royong di tengah kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. BBGRM yang dirangkaikan dengan HKG PKK ke-47 tahun 2019 ini juga untuk menumbuhkan semangat gotong-royong di segala aspek  kehidupan berkeluarga,” tambahnya lagi.

Ketua DPRD Kabupaten Sergai, dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE juga menyebutkan, budaya gotong-royong merupakan warisan leluhur nenek moyang bangsa Indonesia yang telah melembaga, serta mengakar di kehidupan kita.

“Pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya melalui kegiatan gotong-royong masyarakat diharapkan dapat dikawal dengan baik, terutama oleh pemerintah desa dan kecamatan,” jelas dia.

“Peringatan BBGRM ini mengajarkan kepada kita untuk kembali mengingat dan berkomitmen dalam mengamalkan Pancasila, yaitu semangat gotong-royong. Kita mengharapkan perkembangan zaman yang begitu pesat tidak menggerus budaya gotong-royong,” pungkas dia.(Dipa)

Bagaimana Menurut Anda