Ribuan Warga Sekadau Terima Program Bantuan Pangan Non Tunai

132
Launching penyerahan kartu BPNT kepada masyarakat Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Sosial, Rabu (6/11/2019), melaunching program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dihadiri langsung Bupati Rupinus SH.M.Si.

Ratusan masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Sekadau Hilir turut serta hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka yang hadir umumnya didominasi kaum ibu – ibu serta membawa kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).

Kadis Sosial Suhardi S.Sos MM menjelaskan bahwa penerima BPNT di Kabupaten Sekadau sebanyak 8.273 KK dari 7 kecamatan.

“Bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp110 ribu/bulan yang dikonfersi ke dalam bentuk sembako berupa beras 8 Kg dan 8 buah telur setiap bulan bagi setiap KK penerima manfaat bantuan,” ujar Suhardi.

Untuk dapat mengambil bantuan, lanjut dia, penerima manfaat harus memiliki kartu bantuan yang diperoleh dari Bank Mandiri. Sementara teknis pengambilan sembako bantuan, mengambil di e-warung yang telah ditunjuk bekerjasama juga dengan Bank Mandiri.

“Diharapkan program ini dapat terealisasi dengan baik, dan sampai pada keluarga yang berhak,” tukasnya.

Bupati Sekadau Rupinus mengingatkan agar masyarakat penerima bantuan sosial itu harus memanfaatkan bantuan tersebut dengan benar.

“Penerima manfaat diwajibkan membawa kartu penerima manfaat setiap pengambilan bantuan di warung yang ditunjuk,” kata bupati.

Bantuan berupa pangan ini, dikatakan bupati, bertujuan agar masyarakat bisa langsung mencukupi kebutuhan pangannya.

“Bantuan jangan disalahgunakan oleh penerima, serta tidak adanya penyimpangan oleh para aparatur yang ditunjuk mengurusi penyaluran bantuan,” tukas bupati.

Launching penyaluran BPNT Kabupaten Sekadau ditandai dengan penyerahan simbolis kartu tanda penerima oleh Bupati Rupinus dan instansi terkait.

Pasca launching, diadakan pembagian kartu kepada masyarakat penerima bantuan di Kecamatan Sekadau Hilir. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda