Pemkab Nias Gelar LIPD Pertama Kalinya

147

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias menggelar Lomba Inovasi Perangkat Daerah (LIPD) tahun 2019 yang dilaksanakan di ruang serbaguna Lt. 3 kantor bupati setempat, Selasa (16/7/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Drs. F. Yanus Larosa, M. AP mengucapkan terimakasih kepada tim dan seluruh perangkat daerah yang telah antusias dalam mendukung dan turut berpartisipasi pada LIPD tahun 2019 yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Nias.

“LIPD Kabupaten Nias diselenggarakan sebagai evaluasi implementasi moto kerja Pemkab Nias yaitu Kreatif, Inovatif dan Sinergitas (KIS) untuk meningkatkan kinerja pemkab demi tercapainya target pembangunan daerah,” jelas sekda.

“Lomba ini menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan serta menumbuhkan semangat inovasi dalam diri setiap ASN dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias. Melalui inovasi, diharapkan terus terjadi upaya perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah demi terwujudnya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias tahun 2016-2021 yakni terwujudnya masyarakat Nias yang maju, mandiri dan sejahtera,” ungkapnya lagi.

Walaupun baru pertama kali dilaksanakan, sekda menyakini perangkat daerah dan ASN akan mampu mengikuti lomba ini dengan sungguh-sungguh serta bukan hanya sekedar mengikuti arus, namun lebih kepada kesadaran bahwa lomba ini sifanya wajib dan menjadi wadah untuk menciptakan ide, gagasan dan aksi inovasi.

Pelaksanaan kegiatan LIPD Kabupaten Nias mempunyai tahapan atau jadwal, yaitu technical meeting dilaksanakan pada pekan ketiga di bulan Juli, pendaftaran jenis inovasi pada pekan keempat di bulan Juli hingga pekan pertama di bulan Agustus 2019, penyampaiannya proposal inovasi pada pekan pertama sampai kedua di bulan Agustus 2019, presentasi proposal inovasi pada pekan keempat di bulan Agustus, tahap uji coba dan implementasi pekan pertama di bulan September sampai pekan ketiga di bulan November 2019, penilaian akhirnya pada pekan keempat di bulan November, sedangkan pengumuman pemenang dilaksanakan pada hari jadi Kabupaten Nias ke-149 pada bulan Desember 2019. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda