Pembukaan Manasik Haji dan Bimtek CJH Asal OKI Digelar di MAN IC Teluk Gelam

49

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Bupati OKI yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rosihan Anwar, melakukan pembukaan manasik haji dan bimbingan teknis (bimtek) calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 1443 Hijriah yang digelar selama 1 hari di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kecamatan Teluk Gelam, Rabu (18/5) lalu.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kabag Kesra Setda OKI, Usman Rosadi S.STP dalam laporannya pada kegiatan itu.

Dikatakan dia juga, untuk materi bimbingan manasik haji nantinya meliputi penjelasan mekanisme manasik haji. “Dan juga kewajiban pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, pembinaan, bentuk pelayanan, dan perlindungan bagi jamaah haji di tanah air dan Arab Saudi,” tambah Usman.

Selain itu, lanjut Usman, ketentuan Peraturan PerUndang-Undangan Haji di Arab Saudi dan tindakan jamaah haji untuk menjaga kesehatan den kebugaran tubuh sehingga dapat menunaikan dengan khusyuk dan lancar.

“Alur perjalananan jamaah haji Kabupaten OKI masuk dalam Kloter II (Embarkasi Jeddah, Mekkah, Madinah, dan Debarkasi masing-masing daerah), yang diperkirakan keberangkatannya di pekan kedua bulan Juni 2022,” terang Usman.

Pada kegiatan ini juga akan diberitahukan hukum dan ketentuan manasik haji. Lanjut Usman lagi, tata cara pelaksanaan haji, tamattu, ifrad, qiran dan penjelasan teknis pelepasan, pemberangkatan, dan pemulangan jamaah haji.

“Metode yang digunakan nantinya yaitu ceramah, tanya jawab, dan diskusi dengan tujuan untuk memaksimalkan pengetahuan yang mudah dipahami bagi calon jamaah haji,” tandas Usman.

Dan semoga makin baiknya manasik dan bimbingan teknis haji, sambung Usman, tentunya sangat membantu peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, khususnya di Kabupaten OKI.

“Untuk narasumber bimbingan manasik haji ini berasal dari Kementrian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Kementerian Agama Kabupaten OKI, dan dari Pemerintah Kabupaten OKI. Sedangkan jumlah jamaah haji Kabupaten OKI tahun 2022 sebanyak 212 jamaah,” pungkas Usman. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda