Pelantikan Kades Terpilih di Lamsel Suskes Digelar, Kecamatan Candipuro Jadi Pamungkas

172

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Pelantikan kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang III tahun 2019 di 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan sukses digelar.

Kecamatan Candipuro menjadi pamungkas rangkaian pelantikan kades serentak di Kabupaten Lampung Selatan yang dimulai sejak tanggal 20 Agustus 2019 lalu.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian, S.Sos menjelaskan, dari 131 desa yang melaksanakan pilkades, 93 diantaranya telah dilantik. Sementara, 38 orang lainnya, masih menunggu akhir masa jabatan (AMJ) dari masing-masing penjabat kades yang saat ini masih menjabat.

Lebih lanjut Sefri menerangkan, di hari terakhir, terdapat dua (2) kecamatan yang menggelar pelantikan. Yaitu, Kecamatan Sidomulyo dengan enam (6) kades yang dilantik. Kemudian, di Kecamatan Candipuro terdapat tiga (3) kades yang dilantik berikut Ketua TP PKK-nya.

“Ini (pelantikan -red) hari yang kesebelas atau hari yang terakhir. Pagi tadi ada 6 kades yang dilantik di Kecamatan Sidomulyo, siangnya ada 3 kades yang dilantik di Kecamatan Candipuro,” ujar Kadis Kominfo Lampung Selatan M. Sefri Masdian, Rabu (4/9/2019).

Sefri mengungkapkan, dari semua rangkaian pelantikan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik dan mengambil sumpah secara langsung masing-masing kades terpilih yang tersebar di 21 titik.

“Pagi tadi (Sidomulyo) titik yang ke-20, dan siang ini (Candipuro) titik yang ke-21 atau yang terakhir. Jadi totalnya pak bupati sudah melantik 93 kepala desa,” ungkap Sefri.

Sementara itu di Kecamatan Candipuro terdapat 3 kades yang dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Plt Bupati Lampung Selatan. Mereka adalah Sumari sebagai Kades Titiwangi, Saiun sebagai Kades Banyumas dan Sukoco sebagai Kades Sinar Palembang.

Sedangkan, pelantikan kades dari Kecamatan Candipuro yang digelar di lapangan Desa Banyumas tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi dari Partai Gerindra Fahrurozi.

Hadir juga anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan, yakni Romli dari PKB, Sulistiono dari PDI Perjuangan, para pejabat struktural Pemkab Lampung Selatan, Forkopimcam Candipuro, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari ketiga desa terkait.

Dalam arahannya, Nanang meminta kades yang baru dilantik dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sebab, menurutnya, tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan, sangat tergantung pada kinerja para kades.

Nanang juga berharap, para kades dapat memberdayakan seluruh komponen yang ada di desa, baik lembaga kemasyarakatan maupun masyarakat desa secara keseluruhan. Sehingga akan terdorong terwujudnya kemandirian desa, baik secara sosial maupun dari aspek ekonomi.

“Bangun komunikasi yang harmonis dan bersinergi dengan BPD sebagai mitra desa. Terus lakukan koordinasi maupun konsultasi dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat di desa,” pesan Nanang.

Diakhir, Nanang juga berpesan, agar kades yang baru dilantik dapat merangkul segenap komponen masyarakat untuk dapat bersatu kembali dan melupakan segala perbedaan pada saat pilkades serentak beberapa waktu lalu.

“Bangun kebersamaan dan gotong-royong bersama seluruh elemen masyarakat, sehingga bersama masyarakat dapat memberikan kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tutur Nanang. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda