Pasutri Ini ‘Bertarung’ di Pilkades Serentak, Hasilnya!

1705

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Layaknya sepasang pengantin sedang duduk di pelaminan acara resepsi pernikahan mereka, 2 orang calon kepala desa (cakades) Pulau Gemantung Darat Kecamatan Tanjung Lubuk, Hasanah dan Yasmi, menyaksikan warganya salurkan hak pilih melalui bilik suara, Selasa (19/11/2019).

Hal ini menjadi cukup unik, lantaran cakades nomor urut 1 dan 2 tersebut tak lain adalah pasangan suami istri (pasutri) yang sama-sama maju berkompetisi dalam pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kendati sang suami akhirnya menang mutlak dan terpilih.

Dimana berdasarkan hasil penghitungan suara pilkades Pulau Gemantung Darat ini, cakades nomor urut 1, Hasanah, hanya memperoleh 25 suara. 16 terdapat di kotak suara I dan 9 dari kotak suara II, dengan surat suara yang rusak sebanyak 9 lembar dari total seluruh 34 surat suara.

Sementara suaminya, Yasmi, cakades nomor 2, kendati terdapat 9 surat suara rusak dari total keseluruhan 288 surat suara, ia menang mutlak dengan perolehan 279 suara. Terdiri 177 dari kotak suara I dan 102 kotak suara II.

Perlu diketahui, dari jumlah DPT 447 di Desa Pulau Gemantung Darat, hanya 322 yang menyalurkan suaranya.

“Kenapa di Desa Pulau Gemantung Darat yang maju sebagai cakades Hasanah dan Yasmi (pasutri), karena tidak ada warga mau mencalonkan diri menyaingi Yasmi selaku petahana. Maka, merujuk UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, jika satu calon tidak bisa dilaksanakan, lalu majulah Hasanah,” ungkap Makruf CM.

Kepala Bappeda OKI yang ditunjuk selaku ketua tim pemantau pilkades serentak di wilayah Kecamatan Tanjung Lubuk ini juga mengungkapkan, dari 7 desa yang menggelar pemilihan hari ini, ada 3 desa yang cakadesnya merupakan petahana kalah dalam kontestasi.

“Desa Pulau Gemantung Ulu, Pengarayan dan Pulau Gemantung Ilir. Sementara 4 desa lainnya, yaitu Pulau Gemantung, Atar balam, Tanjung Harapan dan Pulau Gemantung Darat, petahana menang dalam pilkades serentak kali ini,” pungkas Makruf. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda