Partisipasi Masyarakat Kunci Kesuksesan SP 2020

282

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Pemkot Padangsidimpuan menggelar rapat koordinasi Sensus Penduduk (SP) 2020, kolaborasi satu data kependudukan, di Emerald Hall Hotel Mega Permata, Selasa (10/3/2020).

Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar sebagai pimpinan rapat menyampaikan, sensus penduduk yang dilakukan sekali dalam kurun 10 tahun ini bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan yang mutakhir.

“Data kependudukan ini jadi data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Tak hanya bermanfaat untuk perencanaan di masa kini, data hasil SP 2020 juga mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan,” ujarnya.

Menurut Arwin, kunci sukses SP 2020 adalah partisipasi dari semua elemen masyarakat. Semua pihak harus turut berpartisipasi dalam menyampaikan informasi kependudukannya.

“Oleh karena itu, hajatan besar ini harus betul-betul didukung oleh semua pihak. Dari forum ini saya mengajak semua, seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan secara umum, untuk mensukseskan SP 2020,” pungkasnya.

Rapat ini sendiri, menurut laporan dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Padangsidimpuan Hafsyah Aprillia, bertujuan untuk membangun koordinasi dengan seluruh stakeholder, serta menyebarluaskan informasi sensus penduduk.

“Melalui rapat kordinasi ini, kita meminta OPD ikut ambil peran terhadap kesuksesan SP 2020 di Kota Padangsidimpuan. Memastikan semua masyarakat melakukan sensus penduduk atas diri dan keluarga masing-masing,” jelasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Wadanyon 123/RW, mewakili Dandim 0212/TS, mewakili Kapolres, pimpinan OPD, para camat, dan juga Rektor Perguruan Tinggi. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda