Parosil Tingkatkan Pengembangan Kawasan Hutan Bersama TNBBS

151

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Audiensi antara Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Litbang, Kadis LH, Sekretaris Bappeda, Kabag Tata Pemerintahan Umum, Kabag Perekonomian serta SDA Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) dengan Direktur Jenderal KSDAE, dilaksanakan di ruang kerja Dirjen KSDAE Gedung Manggala Wanabakti, Jumat (28/6/2019).

Dalam kesempatam tersebut bupati menyampaikan, luas kawasan hutan di Lambar lebih dari 50% dari luas wilayah administrasi. Dimana sekitar 48 desa yang berbatasan langsung dengan TNBBS di Lampung barat selus 87.813 hektare.

Kemudian, Lampung Barat memiliki potensi ekowisata di TNBBS berupa Danau Suoh (danau bekas letusan). Pada danau tersebut juga terdapat potensi air panas (belerang) dengan akses yang mudah.

“PNBP yang dihasilkan dari tiket masuk kawasan cukup tinggi. Pada zona rehabilitasi TNBBS terdapat aktifitas penelitian Geothermal oleh perusahaan Star Energy. Pemkab Lambar berharap potensi panas bumi tersebut diakomodir ke dalam zona pemanfaatan,” kata bupati.

Terakhir, kesepakatan Dirjen KSDAE dengan Pemkab Lambar bahwa Kabupaten Lampung Barat siap dijadikan sebagai percontohan pengembangan kemitraan konservasi di Provinsi Lampung. Serta Dirjen KSDAE meminta kepada Kepala BBTNBBS untuk mengusulkan perubahan zonasi pada daerah yang ada potensi panas bumi dan kemitraan konservasi, tanpa menunggu pembahasan status TRHS TNBBS. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda