Paripurna AKD DPRD Sekadau ‘Dihujani’ Interupsi Anggota Dewan

374
Penandatangan berita acara (BA) alat kelengkapan dewan (AKD) oleh unsur pimpinan DPRD Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pasca dilantiknya unsur pimpinan DPRD Sekadau, Senin (11/11/2019) siang, segera dilaksanakan paripurna dengan agenda penetapan alat kelengkapan dewan (AKD).

Paripurna dipimpin Handi selaku wakil ketua, dan disaksikan Raidus Efendy (ketua) dan Zainal (Wakil Ketua DPRD) serta puluhan anggota dewan.

Paripurna yang berlangsung selama lebih dari satu jam itu berlangsung hangat. Pasalnya, terhitung 8 anggota DPRD dari berbagai partai mengajukan interupsi kepada pimpinan paripurna.

Interupsi yang mereka ajukan secara khusus berkaitan dengan susunan AKD yang sebelumya dibacakan Sekwan dan Nurhadi.

Beberapa anggota DPRD mempertanyakan mengenai komposisi AKD, khususnya rangkap jabatan salah satu anggota DPRD yang diposisikan sebagai Wakil Ketua Komisi I sekaligus wakil ketua di Badan Pembahasan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Masukan dan kritik untuk pimpinan DPRD, bahwa 1 anggota tidak boleh menempati jabatan yang sama di AKD, dan diminta penyusunan kembali di AKD Bapemperda agar bisa disusun kembali,” ujar Liri Muri, anggota Fraksi Hanura saat menyampaikan interupsi.

Ari Kurniawan Wiro selaku Wakil Ketua Fraksi PDIP juga melemparkan interupsi. Politisi muda itu menyatakan partainya (PDIP) menghargai hasil kesepakatan AKD, namun beberapa waktu lalu terjadi hipotisis yang dinilai dapat melemahkan DPRD.

“Kami mengajak semua anggota membangun kredibilitas DPRD dan tidak terjadi pengotak-kotakan,  unsur pimpinan DPRD agar menjalankan tugas sebagai unsur pimpinan dengan bijak,” papar wakil rakyat asal dapil I Sekadau itu.

Sementara itu, Jeffrai Raja Tugam dari Fraksi Demokrat dalam interupsinya menyarankan agar paripurna tidak hanya penetapan AKD, namun juga penetapan tata tertib (tatib) DPRD.

Setelah beberapa interupsi terus dilancarkan anggota DPRD, diperoleh kesepakatan akan dilakukan perbaikan susunan AKD, khususnya pada jabatan Wakil Ketua Bapemperda. Sementara susunan AKD yang telah dibacakan ditandatangani unsur pimpinan DPRD. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda