Operasi Lilin Toba, Amankan Natal dan Tahun Baru di Sergai

284

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman pimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2019, dalam rangka pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2020 di wilayah hukum Polres Sergai. Bertempat di halaman Mapolres setempat, Kamis (19/12/2019) pagi.

Turut hadir Wakapolres Sergai Kompol Gunawan H. Sudarto, Kasdim 02/04 DS. Mayor Inf. Muchsin S.Ag, Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM, perwakilan Kajari Sergai, perwakilan Kemenag Sergai, Plt Asisten I Drs Fajar Simbolon, M.Si, para Kasat, Kabag, Kapolsek sejajaran, personel gabungan dan tamu undangan lainnya.

Amanat Kapolri RI Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si yang dibacakan Bupati Soekirman menyampaikan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiap-siagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya Natal dan tahun baru 2020.

“Operasi Lilin Toba 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin (23/12/2019) sampai Rabu (1/1/2020). Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia, baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara,” jelas dia.

Lanjut Kapolri, dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Stategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan premtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini, dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalulintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, pesta narkoba ataupun minuman keras,” papar Kapolri.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Sergai Kompol Sofyan SH serta Kabag Ops Polres Sergai Kompol Sofyan SH kepada wartawan menjelaskan, bahwa personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Toba tahun 2019 totalnya 202 personel. Berasal dari unsur Polres Sergai 130 personel, TNI 12 personel, Dinas Perhubungan 12 personel, Satpol PP 6 personel, Dinas Kesehatan 12 personel, ditambah unsur dari Pramuka, Senkom, dan Damkar.

Ditambahkannya, pos pengamanan (pospam) untuk wilayah hukum Polres Sergai berjumlah 6 buah, yang berlokasi di Perbaungan, Pasar Bengkel, Kampung Pon, Sei Bamban, Dolok Masihul dan Pospam Pelayanan Pantai Cermin. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda