Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Untuk 121 Rumah Terdampak Puting Beliung

5

LAMPUNG SELATAN, BERITAANDA – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) H. Nanang Ermanto menyerahkan bantuan perbaikan rumah rusak pasca bencana hidrometeorologi puting beliung yang terjadi di Kecamatan Merbau Mataram dan Kalianda pada bulan Maret 2024 lalu.

Bantuan diserahkan Nanang Ermanto secara simbolis kepada 13 warga yang terdampak puting beliung, di Desa Baru Ranji, Kecamatan Merbau Mataram, Kamis (20/6/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan, Ariswandi menjelaskan, pada 11 Maret 2024 lalu telah terjadi bencana puting beliung di Kecamatan Merbau Mataram. Dampaknya, terdapat 108 rumah warga dan 3 sekolah yang mengalami kerusakan akibat bencana puting beliung.

“Dari 108 rumah tersebut terdiri dari 1 rusak berat, 5 rusak sedang dan 102 rusak ringan. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 97.250.000,” kata Ariswandi saat menyampaikan laporan.

Ariswandi menambahkan, pada tanggal 8 Maret 2024, bencana puting beliung juga terjadi di Desa Sukatani dan Hara Banjar Manis, Kecamatan Kalianda.

“Untuk di Kecamatan Kalianda rusak ringan sebanyak 13 unit yang diserahkan, dengan total bantuan senilai Rp 6.700.000,” kata Ariswandi.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan rasa prihatin atas bencana puting beliung yang menimpa masyarakat Desa Baru Ranji. Nanang berharap musibah seperti itu tidak terulang kembali.

“Musibah ini menjadi pelajaran pengingat untuk kita semua, kalau Lampung Selatan ini sangat rawan terhadap bencana. Baik banjir, puting beliung dan lainnya,” ujar Nanang.

Untuk itu, Nanang Ermanto berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir, untuk bersama-sama menjaga alam dan ekosistem yang ada, sebagai upaya menghindari adanya bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi

“Saya berpesan, untuk tetap menjaga lingkungan. Karena dengan kita menjaga lingkungan maka lingkungan juga akan menjaga kita. Kita harus mewariskan hal-hal baik kepada generasi penerus dan jangan merusak alam,” pesan Nanang. (Kominfo Lamsel)

Bagaimana Menurut Anda