Meriahkan HUT RI, 20 Tim Berkompetisi Dalam Ajang Lomba Bidar di Sungai Komering Kayuagung

298

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Meriahkan HUT RI ke-77, 20 tim perahu bidar berkompetisi pada ajang lomba yang digelar selama dua hari di Sungai Komering yang melintasi Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (18/8).

Di hari pertama lomba bidar, tim peserta yang akan mengadu ketangkasan pada garis start, dilepas langsung oleh M. Alki Ardhiansyah selaku Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna OKI.

Pada acara pelepasan tim peserta pertama lomba bidar tersebut, tampak juga hadir Ketua Karang Taruna OKI, Kadiskominfo, Kadishub, Kadinkes, perwakilan Polres dan Kodim, Kasat Pol PP, camat serta lainnya.

“Tentunya saya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Kabupaten OKI turut mensupport acara ini, dalam rangka untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-77,” ujar M. Alki Ardhiansyah.

Maksud dan tujuan digelarnya lomba bidar ini, kata dia, ialah sebagai upaya kita dalam rangka mempertahankan budaya, sehingga bisa terus terlaksana dan tidak hilang serta dapat diwarisi sampai anak cucu.

“Berharap kepada para peserta agar berlaku sportif, sehingga pertandingan dapat berjalan sukses dan adil. Untuk masyarakat, pesan saya agar sungai ini harus terus dijaga kebersihan lingkungannya,” pinta dia.

Kadispora OKI M. Refly menambahkan, seperti disampaikan oleh Bung Alki tadi, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke-77 tahun 2022.

“Semangat anak-anak muda sangat luar biasa, makanya harus kita salurkan dalam perlombaan bidar ini, yang merupakan salah satu dari olahraga tradisional,” ujar Refly.

Tak hanya bidar, yang telah kita laksanakan juga ada lomba bakiak, hadang – hadangan, gaplek dan permainan tradisional lainnya. Lanjut Refly, lomba bidar ini puncaknya. Karena merupakan warisan sejarah di Kayuagung sehingga harus dilestarikan.

“Lomba perahu bidar di Sungai Komering Kayuagung diikuti 20 tim peserta dengan memperebutkan hadiah total Rp 15 juta ini, juga dalam rangka membangun kebersamaan maupun sinergitas antara elemen pemuda, masyarakat dan Pemkab OKI,” tandas Refly. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda