Melihat Kesibukan Petugas Media Center Panitia MTQ Kalbar

56

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Suara qori bergema terdengar sejak media ini memasuki jalan menuju venue MTQ Kalbar di komplek GOR Mungguk Ransa, Jumat (18/9/2020) malam. Saat mendekat ke tenda, terlihat ratusan orang telah duduk di kursi.

Hari itu merupakan hari kedua jalannya MTQ Kalbar usai dibuka pada Rabu (16/9/2020) malam kemarin.

Jam telah menunjukan pukul 20.30 Wib, saat BERITAANDA berjalan menuju ke belakang panggung utama. Sesampainya di venue, di kiri bangunan terlihat pagar besi setinggi satu meter membentuk persegi, namun ada bagian pagar besi yang menyerupai pintu.

Beberapa orang terlihat keluar masuk area ini. Terpampang juga tulisan media center dengan gambar handy talky dari kertas yang di laminating. Di dalam pagar besi itu, beberapa orang terpantau serius memantau monitor dan laptop, sementara beberapa lainnya keluar membawa kamera.

Meski tidak menggunakan baju khas panitia, mereka menggunakan kartu tanda pengenal yang tergantung di leher menjuntai ke dada.

“Masuk, ngopi dulu lah, biar tidak ngantuk,” sapa salah seorang dari mereka yang diketahui bernama Yudi kepada media ini.

Setelah masuk dalam lingkaran besi yang menjadi pembatas ini, sebuah kursi plastik menjadi tujuan untuk duduk di sebelah kanan Yudi.

Sembari berbincang ringan, BERITAANDA menggali informasi mengenai kegiatan-kegiatan di media center panitia. Jalannya pelaksanaan MTQ Kalbar tidak terlepas dari peran mereka untuk menyiarkan perlombaan dan juga menyajikan video di dua layar kiri dan kanan panggung.

Beberapa orang mengawasi layar monitor yang menayangkan qori-qoriah yang bertanding, sementara beberapa lainnya melakukan editor video.

Dibalik panggung utama itu, para petugas media center bertugas mendokumentasikan jalannya perlombaan demi perlombaan. Beberapa dorone juga dipersiapkan untuk pengambilan gambar maupun video melalui view udara.

Belum lama berbincang, datang seorang pria yang diketahui adalah Anwar, koordinator media center panitia. Pembicaraan dengan Anwar pun dibuka.

“Kami harus siap dan standby sebelum dimulainya perlombaan, baik pagi maupun malam hari,” kata Anwar.

Kesehariannya, Anwar merupakan ASN Pemkab Sekadau. Ia bertugas sebagai Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Publikasi di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Satu persatu layar monitor yang ada di meja para petugas media center menjadi perhatian Anwar. Sementara, beberapa petugas media center juga bertugas untuk pengambilan video dan foto di depan panggung utama.

“Ada yang bertugas di pos media center, ada yang di lapangan mengambil video dan foto,” timpal Anwar.

Media center panitia MTQ Kalbar ini juga menjadi pos bagi para jurnalis yang bertugas di Sekadau untuk meliput jalannya perlombaan. Meski dengan kondisi seadanya, petugas – petugas di media center MTQ ini tampak serius melaksanakan tugas masing-masing. Tidak tampak lelah di wajah mereka meski malam semakin larut.

Bersama para jurnalis yang meliput, petugas media center ini masih akan melaksanakan tugas penyiaran kegiatan sampai dengan ditutupnya perhelatan akbar 2 tahunan tersebut.

Melalui media center ini juga disiarkan live streaming kegiatan MTQ melalui beberapa media sosial, antara lain, Youtube Madah Sekadau. Hasil dokumentasi petugas media center juga akan dijadikan arsip kegiatan bagi panitia dan pemerintah daerah maupun provinsi.

Melalui produk dokumentasi petugas media center akan terekam berbagai hal dan kejadian selama berlangsungnya pelaksanaan MTQ. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda