Masyarakat Jambi Kurang Manfaatkan Akses Perbankan, Ini Solusi yang Ditawarkan Pemprov

200

JAMBI, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi HM. Dianto membuka rapat koordinasi (rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota se-Provinsi Jambi tahun 2019, bertempat Golden Harvest Hotel, Selasa (30/4/2019).

HM. Dianto mengatakan, berdasarkan data rilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa akses masyarakat desa yang menggunakan perbankan masih sangat sedikit. Oleh karena itu, pemerintah mengajak OJK, Bank Jambi, dan pemberdayaan masyarakat agar mengupayakan akses keuangan daerah di pedesaan.

“Menurut rilis data itu masih sangat sedikit, oleh karena itulah kita mengajak narasumber hari ini ada dari OJK, Bank Jambi dan pemberdayaan masyarakat kita ajak disini, bagaimana kita nanti mengupayakan agar akses keuangan daerah yang dilakukan oleh masyarakat kita di pedesaan itu dapat berjalan sebagaimana mestinya,” kata HM. Dianto.

Dirinya menyampaikan, bahwa dulu OJK telah memperkenalkan program agen laku pandai, hanya saja program tersebut di tahun terakhir ini belum sampai ke kabupaten/kota, apalagi ke pedesaan.

“Untuk itulah kita hari ini meminta pandangan halus dari kawan-kawan yang ada di kabupaten/kota, bagaimana agen laku pandai itu bisa eksis di tingkat desa, jika bisa eksis maka rilis data tentang masyarakat Jambi yang saat ini kurang memanfaatkan akses perbankan mungkin data itu bisa mengangkat akses perbankan yang ada di desa,” lanjutnya.

Oleh karena itulah, dirinya berharap, dengan adanya program agen laku pandai dapat membantu masyarakat agar masyarakat Jambi tidak lagi terperangkap dengan rentenir atau pembiayaan mereka. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda