Masuk Musim Penghujan, Jajaran Pemerintah dan FKPD OKI Ajak Masyarakat Siaga Bencana

356

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Jajaran pemerintah dan FKPD OKI mengajak masyarakat untuk siaga bencana melalui apel gelar pasukan kesiap-siagaan bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2020, bertempat di halaman kantor bupati setempat, Kamis (9/1/2020).

Apel ini dimaksudkan agar masing-masing OPD di Kabupaten OKI, Satgas Kebencanaan, relawan, pelaku usaha serta warga hingga pelosok desa dapat melakukan upaya untuk mengurangi adanya resiko bencana.

“Berdasarkan rilis BMKG Kota Palembang, wilayah Sumsel sudah memasuki musim hujan secara merata sejak awal Desember 2019. Kondisi ini akan mengalami puncaknya pada bulan Februari dan Maret 2020, untuk itu kita siap-siaga,” ungkap Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra yang bertindak selaku pembina apel.

Doni menambahkan, sosialisasi serta kesiapan personel, sarana dan prasarana penanggulangan adalah sebagai bentuk respon pro aktif pemerintah untuk selalu hadir di setiap permasalahan masyarakat, termasuk ketika bencana alam terjadi.

Sementara Kepala BNPB Kabupaten OKI Listiadi Martin, S.Sos, M.Si menyampaikan, kegiatan ini diawali dengan apel siaga bencana banjir dan tanah longsor. Dan selanjutnya akan diteruskan dengan kegiatan teknis upaya kesiap-siagaan seperti patroli bersama, simulasi evakuasi dan rapat koordinasi lebih lanjut antar pihak atau stakeholder yang terkait.

Apel tersebut diikuti unsur TNI, Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP, Damkar, Dinkes serta Linmas. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda