Mako Kormar Peringati Hari Dharma Samudera Tahun 2024

22

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Detasemen Markas Korps Marinir (Dandenma Kormar) Kolonel Marinir Andi Ichsan SH M.Tr. Hanla MM CRMP memimpin langsung upacara peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2024, bertempat di lapangan apel Mako Kormar Kwitang Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Peringatan Hari Dharma Samudera bertujuan untuk mengenang sejumlah pertempuran laut yang dilakukan sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, dengan puncaknya pada pertempuran di Laut Arafuru 15 Januari 1962 menjadi coretan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Kata-kata penyemangat ‘kobarkan semangat pertempuran’ yang digaungkan Komodor Yos Sudarso, menggambarkan heroisme para pahlawan sebagai pelopor semangat mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Inspektur upacara saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali SE MM M.Tr.Opsla mengatakan, peristiwa heroik pertempuran Laut Arafuru bukan hanya sekedar peringatan sejarah, melainkan perwujudan semangat rela berkorban.

“Perjuangan mereka dalam memperjuangkan kepentingan bangsa di atas segalanya, tidak hanya menyingkap sejarah kejayaan bangsa maritim, namun menyiratkan betapa nilai-nilai luhur kepahlawanan merupakan jati diri sejati prajurit matra laut,” katanya.

Diakhir amanatnya, Kasal juga menyampaikan kepada seluruh prajurit jalasena untuk dapat mengaktualisasikan nilai-nilai patriotisme, kejuangan, kepahlawanan dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pahlawan sebagai landasan utama dalam menjawab setiap tantangan yang semakin kompleks di era digitalisasi sekarang ini.

Upacara peringatan ini diikuti oleh segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Mako Kormar dengan komandan upacara Mayor Marinir Suradiya, perwira upacara Mayor Marinir Dadiyo serta pembaca sejarah singkat Lettu (S/W) Chentya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda