Latihan Penanganan Karhutla Bersama di Mako Satbrimob Polda Sumsel Resmi Berakhir

17

PALEMBANG, BERITAANDA – Antisipasi bencana karhutla, Brimob Sumsel gelar latihan penanganan karhutla bersama TNI, Manggala Agni dan BPBD Provinsi Sumsel, bertempat di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumsel, Rabu (24/3).

Peserta latihan penanganan karhutla bersama ini diikuti sebanyak 10 personel Satbrimob Polda Sumsel, 10 personel Manggala Agni, 10 personel BPBD Sumsel dan 10 personel TNI, serta menerjunkan instrkutur penanganan karhutla dari masing-masing instansi.

Latihan bersama penanganan karhutla yang digagas oleh Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto, SIK ini telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan melibatkan gabungan personel TNI Polri, Manggala Agni dan BPBD Sumsel.

Kemudian, latihan penanganan karhutla ditutup oleh Danyon A Pelopor Kompol Abu Khoiri selaku inspektur upacara, dan dilanjutkan dengan simulasi kebakaran lahan yang disengaja oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Peragaan tersebut langsung di peragakan oleh peserta latihan dari TNI-Polri, Manggala Agni dan BPBD Sumsel

Dansat Brimob Kombes Pol. Yudo Nugroho Sugianto SIK menjelaskan bahwa dengan dilaksanakan latihan gabungan ini, tim sudah memiliki kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas penanganan karhutla yang sewaktu-waktu terjadi di wilayah Sumatera Selatan.

“Mengingatkan musim kemarau yang diperkirakan sudah mulai di bulan Maret ini, diharapkan masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar,” tegas dia.

“Untuk itu kepada personel yang mengikuti latihan gabungan hendaknya tetap semangat sebagai bentuk kepedulian terhadap karhutla.”

“Kita berdoa bersama semoga pelaksanaan tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak ada api di wilayah Provinsi Sumsel. Dan seluruh personel yang melaksanakan dalam kondisi sehat dan selamat berikut peralatannya,” ujar Kombes Pol. Yudo Nugroho Sugianto. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda