Larangan Mudik 2021, Organda Magelang Buka Suara

128
Ketua Organda Magelang saat diwawancarai.

MAGELANG-JATENG, BERITAANDA – Organda Magelang buka suara perihal larangan mudik lebaran 2021 yang akan berlaku pada 6 Mei 2021 sampai 17 Mei 2021.

Ketua Organda Magelang, Muh Irianto mengatakan, pada tahun 2020 larangan mudik lebaran sudah pernah diterapkan, dirinya merasa prihatin bila pada tahun ini larangan mudik diterapkan kembali.

“Sudah sekian bulan kita [pengusaha angkutan umum] dan pelaksana kru angkutan umum sudah prihatin dengan keadaan, sampai boleh dikatakan angkutan umum itu ‘hidup segan, mati pun tak mau’,” ujar Irianto kepada BERITAANDA, Jumat (2/4).

Irianto mengungkapkan, selama ini pengusaha angkutan umum maupun pelaksana kru angkutan tidak tersentuh bantuan dari pemerintah. Dirinya mengapresiasi pemerintah jika larangan tersebut hanya bersifat imbauan, dan masyarakat tetap bisa melaksanakan mudik dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang ketat.

“Kalau hanya sekedar imbauan kami apresiasi, pemerintah bisa menyiapkan surat ijin keluar masuk wilayah (SIKM) dengan catatan tidak meninggalkan protokol kesehatan dan tidak ada oknum-oknum yang curang seperti memalsukan data rapid test,” tegas dia.

Menurut dia, pemerintah harus siap menjadi pelayan masyarakat. Pemberlakuan larangan mudik yang disertai sanksi hanya akan memberatkan masyarakat.

“Aturan mudik dengan memperhatikan protokol kesehatan dapat dibuat dan diawasi oleh Kementerian Perhubungan, agar masyarakat tetap bisa melaksanakan mudik,” imbuhnya.

Irianto mengatakan, kegiatan mudik tetap dilakukan agar pengusaha angkutan umum maupun kru angkutan umum tidak gigit jari.

“Aturan mudik dengan memperhatikan protokol kesehatan dapat dilaksanakan supaya masyarakat tetap bisa memahami kondisi yang sedang terjadi karena Covid-19, minimal pengusaha angkutan umum dan kru angkutan umum tidak gigit jari,” katanya.

Kemudian, Irianto juga menyadari yang bisa mencegah penularan Covid-19 adalah kita bersama, dan berpesan pada pemerintah agar tetap memperhatikan kelangsungan ekonomi para pengusaha angkutan umum dan kru angkutan umum. [Faisal]

Bagaimana Menurut Anda